Bawaslu Rohul dan Panwaslu Kepenuhan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bersama Pemilih Pemula, Di SMKN 2 Kepenuhan

206

 

Riausmart.com– Pengawasan penggunaan hak pilih terus di awasi oleh Badan Pengawas Pemilu, baik melalui tahapan Pemilih yang ada dan Pemilih Pemula. Untuk lebih efektfitifas Bawaslu Rokan Hulu mengadakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bersama Pemilih Pemula untuk tingkat di SMA, SMK dan MA. Perdana Selasa Tanggal 06/11/ 2018 di SMKN 2 Kepenuhan.

“Sosialisasi ini di moderatori oleh komisioner Panwaslu Kec.Kepenuhan Bashori,M.Pd.I. dan dilakukan sesi tanya jawab.

 

 

Ketua Panwaslu.Kepenuhan Rional Siswanto pada Sambutannya, sangat berharap kepada adik – adik bisa focus dan serius dalam sosialisasi ini nantinya. Kalau adek – adek sudah paham dan Adik –adik bisa nantinya bisa memberitahu kepada keluarga ,teman – temannya ke depan. Dan mana tau salah seorang dari Adik – adik bisa menjadi penyelenggara pemilu atau peserta pemilu nantinya. Jadi hari ini ilmu yang sangat baik untuk masa yang akan datang.

 

” Setelah sesi Tanya jawab, ada harapan terbesit dari salah seorang guru SMK N 2 Kepenuhan Mewahidin, S.Pd yang hadir, mengharapkan Bawaslu Kab Rokan Hulu ketika menanyakan kepada Siswa/I tentang apakah sudah mendapatkan E-KTP atau Belum. Beliau mengharapkan kepada Komisioner Bawaslu Rohul untuk bisa membantu mereka kepada Instansi Disdukcapil Kab.Rokan Hulu, karena sudah 2 kali dilaksanakan perekaman di SMKN 2 Kepenuhan tetapi sampai saat ini belum ada satu buah pun E-KTP yang diterima. Terakhir dilaksanakan Bulan Kemaren imbuhnya.

 

 

Rio Menambahkan, Menjawab pertanyaan tersebut, komisioner Bawaslu akan membantu nantinya untuk sampaikan ke Disdukcapil Rokan Hulu, karena beberapa waktu kita juga mempertanyakan apakah mereka sudah melaksanakan perekaman ke sekolah – sekolah dan mereka mengatakan sudah melaksanakan. Tetapi masalahnya di terima atau belumnya E-KTP tidak menjadi kewenangan Bawaslu Tetapi nanti akan di sampaikan untuk dikoordinasi ke depannya.

 

 

Alamsyah HS, ST, selaku pemateri mengaku,
Antusias siswa/I SMK N 2 Kepenuhan pada sosialisasi tersebut membuat sedikit kewalahan dalam menjawab pertanyaan dan Tanya jawab aktif dari siswa/I SMK N 2 Kepenuhan terhadap pentingnya mereka bisa mengetahui mengapa mereka di sebut Pemilih Pemula. Di dalam materinya Alamsyah H, ST menyampaikan “Adik-adik harus tau apa itu pemilih pemula, sejarah pemilu, siapa penyelenggara, kapan pemilu dimulai, siapa peserta pemilu ! Adik-adik harus tau karena ini adalah awal nya Adik-adik untuk memulai menggunakan hak pilihnya sesuai dengan Undang undang yang telah mengatur hak sebagai warga Negara. Dan ini bisa Adik – adik manfaatkan untuk memilih wakil rakyat, pemimpin Desa, Kabupaten, Daerah bahkan Presiden di tentukan nasibnya oleh 1 suara dari Adik – adik yang akan siapa nantinya tertinggi untuk menjadi pemimpin atau pun terpilih.,” Jelasnya.

 

 

Wakil Kepala Sekolah SMKN 2 Kepenuhan, Eva Nirmala, S.Ag ucapkan terima kasih atas kehadiran Bawaslu dan Panwas dan maaf karena Kepala Sekolah sedang ada halangan (Kemalangan tetangga rumah). Tetapi beliau sangat support sekali Karena selain tugas sebagai Kepsek juga sebagai Ketua PPS Desa Kepenuhan Barat Mulia. Jadi, Beliau sudah paham betul maksud dengan kegiatan ini.

 

“Hanya berselang 1 Minggu dari surat edaran bawaslu rohul masuk pada tanggal 30 Oktober 2018 lalu, Kepsek Intruksi kepada Staff (TU) untuk mendata dan membuat jadwal sosialisasi tersebut, hingga hari ini pelaksanaannya.

 

Turut Hadir Komisioner Bawaslu kab.Rokan Hulu ALAMSYAH HS, ST Koordiv organisasi dan SDM berserta Staff Bawaslu Rokan Hulu, Bripka Adi Sembiring dari Kepolisian, Ketua dan Komisioner Panwaslu Kec. Kepenuhan Rional Siswanto SE, Bashori, M.Pd dan Muslim, S.Pd , Staff Panwaslu Kepenuhan dan PPL Desa Kepenuhan Baru Rusli Iswandi. Pihak Sekolah sendiri di wakili Ibuk Eva Nirmala, S.Ag (WAKA SARPRAS) SMKN 1 Kepenuhan. (Fa)