Kesbangpol dan TP PKK Rohul Gelar Pelatihan Bela Negara

234
Ketua TP PKK Rohul, Hj Peni Herawati Sukiman sedang menyampaikan sambutannya

PASIRPENGARAIAN – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Rokan Hulu bekerjasama dengan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Rokan Hulu, menggelar pelatihan dan pembinaan kesadaran bela negara.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 100 orang peserta PKK di seluruh kecamatan se Kabupaten Rohul yang terdiri dari PKK Kabupaten Rokan Hulu dan 16 Kecamatan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rokan Hulu, Hj Peni Herawati Sukiman menjelasan, bahwa pembinaan bela negara ini sangat penting untuk menanamkan jiwa bela negara kepada kaum perempuan, supaya jiwa bela negara itu dapat ditularkan kepada anak dan keluarga serta tetangga sekitar.

“ Kami merasa kegiatan pembinaan bela negara ini sangat penting bagi kita semua, supaya kita semua dapat menyampaikan kepada keluarga kita maupun orang sekitar kita,” papar Hj Peni.

Kemudian, Hj Peni menyebutkan ada 5 unsur wujud bela negara, diantaranya, cinta tanah air, kesadaran berbangsa bernegara, keyakinan atas kebenaran nilai pancasila, memiliki kemampuan awal bela negara.

“ Peran PKK dalam membangun bangsa terwujud dalam 10 program pokok PKK yang dapat ditularkan kepada seluruh keluarga dan masyarakat sekitar. Untuk itu, peserta yang mengikuti kegiatan ini diminta mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh agar ilmu yang disampaikan narasumber terserap dengan baik,” ajak Ketua TP PKK Rohul.

Sebelum membuka pelatihan tersebut, Bupati Rohul, H Sukiman menyampaikan, bahwa Bela negara dapat diwujudkan melalui pengamalan dan pemahamn terhadap Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, kemudian mengajarkan kepada anak anak dan generasi muda serta masyarakat di sekitar.

Untuk diketahui, pelatihan ini dibuka secara langsung oleh Bupati Rokan Hulu, H Sukiman. Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari Kesbangpol Provinsi Riau, Kesbangpol Rokan Hulu dan dari pihak Kepolisian.