Galeri MTQ Ke XIX Tingkat Kabupaten Rokan Hulu 2019

234
Bupati Rohul, H Sukiman melepaskan kontingen pada pawai takruf dengan ditandai melambaikan bendera
Bupati Rohul, H Sukiman melepaskan kontingen pada pawai takruf dengan ditandai melambaikan bendera

PASIRPENGARAIAN – Pada perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XIX tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tahun 2019, dipusatkan di Lapangan Pematang Baih Astaqa MTQ Provinsi Riau, resmi dibuka Bupati Rohul H. Sukiman, Senin (8/4/2019) malam, berlangsung meriah.

Malam Pembukaan MTQ ke-XIX tingkat Kabupaten Rohul lebh meriah, dimana kegiatan dihadiri Plt Kakanwil Kemenag Riau H. Muhammad Saman, Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Riau Masrul Kasmi,‎ bacakan pidato Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar M.Si pejabat Forkompinda, Ketua Tim Penggerak PKK Rokan Hulu Hj. Peni Herawati, Sekda Abdul Haris, para asisten, staf ahli, para pejabat di lingkungan Pemkab Rohul, Camat, dan segenap undangan lainnya.

Sebelumnya Senin sore, Bupati Sukiman juga lepas peserta Pawai ta’aruf pembukaan MTQ ke-XIX Kabupaten Rohul, yang dipusatkan di Jalan Tuanku Tambusai, Desa Pematang Berangan Kecamatan Rambah, yang diramaikan puluhan mobil hias, perwakilan dari 16 kecamatan. Puluhan ribu masyarakat dan pelajar dari 16 kecamatan, juga  hadir Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH, Sekretaris Daerah (Sekda) Rohul H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, pejabat Forkompinda, dan para kepala OPD di lingkungan Pemkab Rohul.

Juga digelar defile kafilah dari 16 kecamatan, dilanjutkan tari tepak sirih, yang melibatkan sekitar 50 penari yang merupakan siswi binaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Rohul, dan doa oleh Plt Kakanwil Kemenag Riau H. M. Saman.

Tujuan digelarnya MTQ kata M. Ruslan, untuk menimbulkan rasa cinta masyarakat terhadap Al Quran, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, dan mengundang rahmat Allah dengan bacaan-bacaan ayat suci Al Quran. Di MTQ ke-XIX Kabupaten Rohul, digelar selama 7 hari, mulai 8 April sampai 14 April 2019 kata Ruslan.Dimana ada 5 cabang yang diperlombakan, yakni Cabang Tilawatil Qur’an, Hifzil Qur’an/ Tahfidz, Khattil Qur’an, Syarhil Quran, dan Cabang Fahmil Qur’an.

Bupati Sukiman berharap, dari perhelatan MTQ tersebut, masyarakat ikut memaknai dan arti dari kandungan isi Al Quran. Dirinya mengajak generasi muda Negeri Seribu Suluk harus menjadi pribadi Al Quran. Dirinya juga berharap, melalui MTQ dapat menghasilkan anak-anak kita yang terbaik.

Pada malam pembukaan MTQ ke-XIX Kabupaten Rohul ditutup dengan tarian massal “Rokan Hulu Dalam Gerak Religi” yang dilakukan 150 pelajar SMP Islam dan Madrasah Aliyah Kepenuhan, kerjasama Disparbud dengan Disdikpora Rohul.