IRT Rambah Tengah Hulu Sebut Bisnis Air Masak Sangat Membantu Penghasilan Rumah Tangga

453
Air Masak yang sudah dimasukkan ke galon dan siap untuk dijual
Air Masak yang sudah dimasukkan ke galon dan siap untuk dijual

PASIRPANGARAIAN – Tingginya kebutuhan Hidup, membuat ibu-ibu rumah tangga di Desa Rambah Tengah Hulu, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, mencari jalan agar dapat menambah penghasilan tambahan. Salah satunya dengan cara membuat bisnis rumahan yaitu menjual Air rebusan.

Salah satunya siti aminah, Ibu yang memiliki empat orang anak ini telah menjalankan bisnis rumahan selama tiga tahun terakhir. Pelanggannya cukup banyak. Aminah kini tinggal sebatang kara, karena sudah lama di tinggal sang suami dan semua anak-anaknya yang sudah berkeluarga.

Setiap hari ia hanya memiliki kesibukan merebus air yang kemudian akan di jual nantinya. Harga air rebusan isi ulang pergalonnya ia patok hanya lima ribu rupiah. Sehari ibu aminah mampu menjual air rebusan mulai dari 15 galon bahkan sampai 20 galon perhari.

Dalam sehari ia mampu mendapatkan penghasilan sekitar Rp 80.000 hingga Rp 100.000. Aminah juga tidak terlalu sulit untuk menawarkan air rebusan miliknya, karena ia sudah memiliki pelanggan Tetap.

Menurut Aminah, bahwa bisnis air rebusan ini tidak ada istilah rugi atau pun butuh modal besar untuk menjalaninya. “ yaa… kalau usaha ini sih nak, ngak ada  ruginya lagian modalnya secara materi Cuma sedikit, cuma rebus air putih biasa, paling cuma ibu harus cari kayu bakar,” tutur Aminah kepada Riausmart.com Jumat (10/5/2019).

Sementara itu, Rina merupakan salah seorang pelanggan Aminah menuturkan, bahwa ia lebih sering mengkonsumsi air yang sudah di rebus ketimbang air galon depot isi ulang. Menurutnya air yang sudah di masak lebih terjamin kesehatannya.

“ Lebih percaya sama air yang sudah di masak, karena lebih sehat. Kuman dan bakteri di dalam air itukan sudah pasti mati,” kata Rina.

Hingga saat ini Aminah dan beberapa ibu rumah tangga lainnya yang ada di Desa Rambah Tengah Hulu masih menekuni usaha ini. Karena bisnis jual air masak juga mampu mendongkrak perekonomian rumah tangga.(MAT)