Bisnis Buah Kolang Kaling Raih Omset Jutaan Rupiah Perhari

110

PASIRPENGARAIAN – Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini. Iya, buah kolang kaling, buah yang berasal dari pengelolaan dari buah aren Ini, telah menjadi salah satu buah yang di cari oleh ibu-ibu rumah. Pasalnya, buah ini hanya dapat di temui ketika memasuki bulan suci ramadhan saja.

Biasanya buah ini di olah di berbagai menu buka puasa. Selain tekstur yang lembut, buah ini juga memiliki rasa yang khas. Maka tak heran jika buah kolang kaling tak sepi pembeli. Selain bisa menjadi bahan pokok pembuatan kolak, buah ini juga menjadi salah satu campuran untuk pembuatan es campur.

Namun, tahukah Anda bahwa buah ini, menjadi salah satu buah yang mampu mendongkrak ekonomi masyarakat desa. Salah satunya buk Sumarni, ia sudah melakoni bisnis pengelolaan buah aren ini setiap bulan puasa. Dan hasilnya pun tak tanggung-tanggung, ia mampu meraup penghasilan hingga jutaan rupiah perharinya.

” sudah lama juga, kira-kira sudah 10 tahun. Saya menjalani usaha ini setiap bulan puasa. Kalau penghasilannya yaa…, tiga jutaan Lebih lah” ujar Sumarni (20/05/2019)

Harga yang ditawarkannya pun berpariasi sesuai yang dibutuhan pembeli. Mulai dari Rp3000 – Rp 18.000. Untuk masalah pemasarannya sendiri ia tidak terlalu khawatir. Saat ini ia telah mempekerjakan lima orang karyawan dalam menjalankan bisnisnya itu. Mulai dari pengolahan buah aren, hingga penjualan kepasar-pasar yang ada di beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu. Selain itu, ia juga mengecer buah olahannya itu ke beberapa warung kecil yang ada di daerah Rambah Samo.(Ahmat)