Mendekati Lebaran Harga Sawit Turun, Harga Getah Naik

476

PASIRPENGARAIAN – seminggu menjelang lebaran harga sawit menurun sedangkan harga getah beranjak naik, Selasa(28/5/2019).

Menjadi sebuah cerita panjang bagi petani disaat menjelang dekatnya hari raya idul Fitri dan Natal tiba. Biasanya, harga-harga bahan mentah tani, seperti getah karet dan sawit merosot menurun. Dan itu biasanya akan membuat perekonomian petani ikut menurun.

Namun, ada yang berbeda di Idul Fitri kali ini, seminggu menjelang lebaran tiba harga karet beranjak naik dari harga biasanya. Kini harga karet mampu berada di posisi Rp.9.600 per Kilogramnya. Dan sejauh ini harga tersebut bertahan hingga saat ini. Hal ini menjadi penyemangat petani karet untuk memproduksi karetnya menjelang hari raya idul Fitri nanti.

“ Harga karet naik dari harga sebelumnya. Kayaknya jadi berlebaran kita tahun ini,” Ujar Taje (26) sambil tertawa lepas.

Lain lagi dengan sawit, harga bahan mentah minyak ini justru merosot dari sebelumnya yaitu Rp.1000 per Kilogramnya, kini menjadi Rp.930. per kilogramnya.

“ Kalau dibandingkan sebelumnya harga sawit menurun. Mungkin efek dekatnya hari raya,” Ujar Amir (25) selaku toke sawit di sekitaran Surau Tinggi itu.

Dari permasalahan ini masyarakat berharap kepada pemerintah untuk ikut andil dalam harga sawit dan getah ini. Mengingat pertanian sawit dan getah merupakan pekerjaan dominan dari masyarakat Rokn Hulu sendiri. (Dan)