Sebanyak 449 JCH Asal Rohul Diberangkatkan 23 Juli 2019

115

PASIRPENGARAIAN – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu, H Syahrudin MSy melalui kasi penyelenggaraan Haji, Martillevi Saleh kepada awak media beberapa hari yang lalu mengatakan, bahwa persiapan keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) dari Kabupaten Rokan Hulu tahun 1440 Hijriah sudah sampai pada pelunasan tahap 2 untuk kuota tambahan sebanyak 13 orang.

” Total JCH yang berangkat tahun ini 449 JCH Per 20 Mei 2019 lalu Kementerian Agama memberitahukan penambahan kuota sebanyak 13 orang yang terdiri dari lansia. Dari 13 orang itu yang melunasi BPIH tahap 2 pada 29 Mei lalu hanya 9 orang,” ungkap Martillevi Saleh.

Disamping mengurusi pelunasan BPIH senilai Rp 32,3 Juta, Panitia penyelenggara Haji Rokan Hulu juga mengurus proses keberangkatan JCH melalui Embarkasi Antara Pekanbaru, yang tahun ini diuji coba pemakaiannya.

Kasi Haji Kemenag Rohul, Martillevi Saleh
Kasi Haji Kemenag Rohul, Martillevi Saleh

Dari keterangan Kasi Haji, Martillevi Saleh, 449 JCH asal Rohul tahun ini sudah dipastikan berangkat dengan kelompok terbang 18 pada 23 Juli 2019, melalui Embarkasi Antara Kota Pekanbaru.

” Tahun ini Embarkasi Antara Pekanbaru sudah diuji coba pemakaiannya. Sehingga schedule keberangkatan sedikit berbeda dari tahun lalu,” terang Matillevi

Jika sebelumnya JCH Rohul Berangkat dari Pasir Pengaraian menuju Pekanbaru kemudian menginap di hotel. Maka tahun ini, tidak menginap dihotel melainkan menginap di Embarkasi Antara. Seluruh pelayanan yang biasanya didapat di Embarkasi Batam akan diberikan di Embarkasi Antara Pekanbaru, sehingga penerbangan dari Embarkasi Antara Pekanbaru ke Bandara Hang Nadim Batam hanya untuk pindah pesawat, lalu tanpa menginap di Batam, langsung berangkat ke Jeddah,” Tambah Martillevi

Persiapan keberangkatan JCH secara internal juga diurus serius oleh panitia, 428 kopor haji, siap dibagikan kepada JCH usai lebaran idul fitri.

Kemudian, sedang berlangsung cek kesehatan dan vaksin untuk JCH tingkat Kabuapaten.

Disamping itu, usai idul fitri 1440 H ini juga akan dilaksanakan Manasik Haji 8 kali ditingkat Kecamatan dan 2 kali tingkat Kabupaten.

Kepada JCH Rohul yang berangkat thun ini, Matillevi berpesan, agar mempersiapkan fisik, keimanan dan ketaqwaan , serta niat yang ikhlas, jelang keberangkatan nanti.