Kriteria Bupati Rokan Hulu 2020

268

PASIRPENGARAIAN – Tidak beberapa lama lagi, masyarakat Kabupaten Rokan Hulu akan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Untuk menyambut Pilkada nanti banyak mengundang para pakar untuk membahas kriteria sosok yang paling tepat memimpin di Kabupaten Rokan Hulu.

Berangkat dari realitas keadaan daerah yang cukup luas dengan jumlah masyarakat yang cukup banyak dan heterogen. Kemudian disisi lain, jumlah PAD yang sangat minim, maka Rokan Hulu memerlukan Pemimpin yang kuat, visioner dan berani.

“ Jadi kriteria Bupati yang akan kita pilih nanti, tentunya seorang pemimpin yang kuat, visioner dan berani.” Papar Pengamat Komunikasi Politik Riau, Dr Jupendri SSos MIKom, kepada Riausmart.com. Selasa (11/6/2019) sore.

Sekretaris HKR Pekanbaru, Dr Jupendri SSos MIKom
Sekretaris HKR Pekanbaru, Dr Jupendri SSos MIKom

Jupendri mengatakan, bahwa pemimpin kuat yang dimaksud adalah kuat otaknya. Dalam artian, kredibel atau memiliki integritas dan kalabilitas, serta kuat ototnya dalam artian energik dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab.

Lanjutnya, Pemimpin visioner adalah pemimpin yang memiliki arah, tujuan dan cita cita jauh kedepan melampui masanya, tidak bersifat temporer kondisioner berdasarkan kepentingan lima tahunan.

“ Pemimpin itu harus berani membuat kebijakan (terobosan) untuk memajukan daerah yang tentunya tidak melanggar ketentuan yang berlaku,” tutur Jupendri.

Melihat jumlah APBD Kabupaten yang masih minim, kata Jupendri, itu tidak akan mampu membiayai pembangunan yang dibutuhkan masyarakat. Karena itu, perlu terobosan-terobosan baru untuk menghasilkan sumber pembiayaan pembangunan.

“ Pemimpin yang mampu untuk itu adalah pemimpin yang kuat, visioner dan berani,” jelasnya.