Pengabdian Masyarakat, Dosen Prodi DIII Kebidanan UPP Gelar GERMAS di Desa Rambah Hilir

483
Ketua Pengabdian Masyarakat, Elvira Junita MKes mengajak masyarkat konsumsi buah dan sayur
Ketua Pengabdian Masyarakat, Elvira Junita MKes mengajak masyarkat konsumsi buah dan sayur

RAMBAHHILIR – Demi meningkatkan kesehatan masyarakat pasca Puasa Ramdhan dan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah serta sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat Dosen Prodi DIII Kebidanan Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Rokan Hulu kembali menggelar berbagai kegiatan. Ahad (16/6/2019) pukul 07.30 Wib.

Kegiatan yang ditaja Dosen Prodi DIII Kebidanan UPP Rohul itu dipusatkan di lapangan Muara Rumbai depan Kantor Camat Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu. Dalam kegiatan ini tampak hadir, Kepala Desa Rambah Hilir, para Kadus, RW, RT serta masyarakat Rambah Hilir yang begitu semangat mengikuti serangkaian kegiatan tersebut.
Ketua Pengabdian Masyarakat, Elvira Junita M.Kes didampingi Eka Yuli Handayani M.Kes dan Lufita Nur Alfiah M.Si menjelaskan, bahwa kegiatan pengabdian masyarakat itu dilaksanakan  dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Desa Rambah Hilir.
Dosen Prodi Kebidanan UPP ini menambahkan, kegiatan GERMAS selama ini diantaranya, jalan sehat, senam sehat, konsumsi buah dan sayur serta cek kesehatan gratis. Dimana Cek Kesehatan  ini meliputi, Cek Tekanan Darah, Gula Darah, Asam Urat dan Cek kolesterol.
Dosen Prodi DIII Kebidanan UPP melakukan cek kesehatan gratis
Dosen Prodi DIII Kebidanan UPP melakukan cek kesehatan gratis
Selain itu, kata elvira, sebelum nya juga sudah  dilakukan  sosialisasi kepada masyarakat tentang GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat),  Pelatihan pemanfaatan lahan pekarangan dan menyerahkan bibit serta pupuk tanaman muda (sayur-sayuran) dan bibit buah-buahan.untuk di taman di pekarangan rumah warga.
“ Dimana tujuan kita adalah mengajak masyarakat melaksanakan 3 fokus kegiatan GERMAS ( Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yaitu Aktifitas fisik, Makan buah dan sayur, Cek kesehatan secara berkala.
Lanjutnya, kegiatan ini juga bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi. Dimana selain Pendidikan dan  penelitian juga dosen dituntut melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat.
“ Kegiatan ini juga bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi. Selain pendidikan dan penelitian, dosen dituntut melaksanakan pengabdian masyarakat dengan memberikan kontribusi nyata untuk kebutuhan dan kepentingan masyarakat,” tuturnya.
Elvira menambahkan, Pengabdian Masyarakat hari ini merupakan kegiatan yang ke enam ditahun 2019 ini, dimana sebelum Ramadhan kemarin kegiatan ini sudah lima kali dilaksanakan di Desa Rambah Hilir, Kecamatan Rambah Hilir dan untuk minggu depan akan dilaksanakan kembali.
Melalui Pengabdian Masyarakat ini, Elvira dan rekan-rekannya berharap kepada masyarakat Desa Rambah Hilir, Kecamatan Rambah Hilir supaya dapat melaksanakan aktifitas fisik minimal  30 menit sehari, konsumsi buah dan sayur, Cek kesehatan secara berkala.