Inilah Nama Tokoh Rohul Yang Akan Maju Pada Pilkada Tahun 2020

373

PASIRPENGARAIAN – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk wilayah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tidak beberapa lama lagi akan digelar. Sebelum tahapan-tahapan Pilkada tahun 2020 dimulai, sudah muncul beberapa nama yang bakal bertarung memperebutkan kursi orang nomor 1 di Kabupaten Rohul yang dijuluki Negeri Seribu Suluk itu.

Adapun nama-nama yang mulai mencuat ke permukaan baik di Media sosial maupun cerita berkembang di tengah-tengah masyarakat diantaranya, bakal Calon Bupati Rohul periode 2021-2026 diantaranya, Ketua DPC Partai Demokrat Rohul Kelmi Amri SH, Ketua DPD II Partai Golkar Rohul Sari Antoni SH anggota DPRD Provinsi Riau Syamsurizal, Ketua DPD PAN Rohul M. Syahril Topan, Syafarudin Poti yakni anggota DPRD Riau yang baru terpilih pada Pileg baru-baru ini.

Selain nama-nama diatas ada juga nama lain yang merupakan putra terbaik kelahiran Negeri Seribu Suluk itu, diantaranya; Ketua DPD KNPI Rohul Zulfahrianto SE atau akrab disapa Anto Sontang, Ketua Perbakin Rohul H Indra Gunawan atau yang akrab disapa Ujang Lurah, berikutnya juga ada nama Ketua DPC PDI Perjuangan Rohul Hardi Candra yang merupakan anggota DPRD Rohul aktif.

Berikutnya ada nama mantan anggota DPRD Rohul Erizal ST dan Ir H Hafith Syukri yang merupakan mantan Wakil Bupati Rohul diera kepemimpinan mantan Bupati Achmad. Nama-nama tersebut merupakan lawan terkuat menurut masyarakat dari Bupati Petahan H Sukiman.

Meski nama-nama tersebut mulai muncul, bisa atau tidaknya maju pada Pilkada Rohul, sebagai penentu Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati harus diusung oleh Partai atau koalisi Partai yang memilik 9 kursi parlemen atau di DPRD Rohul.

Berbicara mengenai peluang, peluang terbesar dimiliki oleh Bupati Petahana yakni H Sukiman. Dimana, partai yang saat ini dinakhodainya (Partai Gerindra) memiliki 8 kursi di DPRD Rohul, hasil Pileg baru-baru ini.

Peluang itu diperkuat dengan adanya sinyal dari Partai Demokrat Rohul yang membuka peluang bagi Partai Gerindra untuk berkoalisi pada perhelatan Pilkada 2020 mendatang. Sinyal tersebut disampaikan Ketua DPC Demokrat Rohul Kelmi Amri, dia mengatakan tidak menutup peluang untuk mengusung Bupati Petahana H Sukiman pada Pilkada Rohul 2020 mendatang.

Pernyataan Ketua DPC Demokrat Rohul yang disampaikan pada Selasa (18/6/2019), ini terbilang cukup mengejutkan. Pasalnya, Ketua DPRD Rohul yang terpilih menjadi anggota DPRD Riau tersebut, sebelumnya digadang-gadang sebagai penantang Serius bagi Sukiman Sang Bupati Petahana.

Kelmi menjelaskan, sebagai ketua Partai, dirinya tentu memiliki Niat maju menjadi kepala Daerah. Namun, hingga kini,  ia mengaku masih menghitung peluang politik dan belum berani menyatakan apakah akan maju atau tidak pada Pilkada nanti.

“ Sebagai ketua partai  tentu saya harus siap, tapikan  itu harus terukur dan paling terpenting saya tidak mau terikat dengan pihak manapun, itu prinsip,” papar Kelmi.

Meski sebagai ketua partai yang memiliki 4 Kursi Parlemen hasil Pemilu 2019, Kelmi sepertinya ingin menjaga peluang politik Partainya dalam kontestasi Pilkada Rohul, termasuk membuka Opsi berkoalisi dengan petahana. Ia juga tak ingin mengintervensi mekanisme  partainya dalam menetapkan bakal calon kepala Daerah.

Menurut Kelmi, partai Demokrat adalah partai yang dinamis serta terbuka untuk siapa saja, termasuk Petahana. Apalagi dalam menetapkan bakal Calon kepala Daerah, Partai Demokrat  selalu mengacu kepada Hasil Survey internal. Dimana, Sosok yang akan di survey adalah Kader Demokrat Sendiri, Petahana, Tokoh Masyarakat dan Ketua Parpol Lain.

Kelmi menegaskan, dalam mengusung bakal Calon Kepala Daerah, Partai Demokrat tidak hanya mempertimbangkan aspek elektabilitas dan popularitas dari bakal calon yang akan di usung, namun juga memiliki kesiapan, baik dari sisi finansial dan juga kursi DPRD untuk melengkapi 4 Kursi Demokrat dari 9 Kursi yang menjadi syarat maju sebagai Calon Bupati wakil Bupati 2021-2026.

“ Makanya Pak Sukiman masuk dalam kriteria yang akan kita Survey pada Bulan September Hingga Desember,” ucapnya.

Menurut Kelmi, hasil Survey Kandidat Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati  Dari Partai Demokrat, akan di umumkan pada Januari 2020 dalam Rapat Kerja Cabang Partai Demokrat.

“ Namun untuk menghadapi Pilkada ini, kami akan fokus dulu melaksanakan Konsolidasi Internal Pasca Pemilu Legislatif, dimana Salah satu agenda Yang akan Dilaksanakan Adalah Musyawarah Anak Cabang (Musancab),” ujarnya.

Jika jadi di usung Demokrat, jalan Bupati Petahana Sukiman maju di Pilkada Rohul akan semakin terbuka lebar. Sebab, Sebagai Ketua DPC Partai Gerindra yang sukses meraih 8 kursi DPRD, Sukiman diprediksi tidak akan sulit mendapat restu DPP Gerindra untuk maju kembali pada  Pilkada 2020 mendatang.

Jika koalisi Gerindra-Demokrat terwujud,  Sukiman akan memiliki Modal 12 kursi, melebihi syarat minimal 9 Kursi Untuk  mendaftar sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati  ke KPU. Namun, Apakah koalisi ini akan terwujud ? kita tunggu saja.