Api Dapur Tidak Mati Semua, Satu Rumah Hangus Dilalap si Jago Merah

363

PASIRPENGARAIAN – Satu rumah Warga di dusun batang Samo Hilir, Desa Suka Maju, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, dilalap si jago merah (29/06/2019) Sekitar pukul 23.00 WIb.

Telah terjadi kebakaran yang menghanguskan satu rumah semi batu tersebut. Kejadian yang terjadi dipertengahan malam ini membuat warga beramai-ramai untuk melihat kebakaran yang melonglong hanguskan rumah dari Burhan tersebut.

Menurut pengakuan Yana, salah seorang warga disana mendengar suara sirine mobil yang berkepanjangan. Ternyata itu adalah mobil kebakaran menuju ke rumah yang terbakar. Sehingga masyarakatpun berduyun-duyun ke lokasi kebakaran untuk melihat kejadian langsung.

Kejadian berawal disaat Burhan memasak masak air ditungku dapur miliknya. Adapun tempat masak air keluarga Burhan adalah Tungku kayu yang kebanyakan digunakan oleh masyarakat. Setalah air masak,Burhan pun menyuruh anaknya yang masih SD untuk memastikan api tersebut. Ternyata anaka tersebut memadamkan apinya secara keseluruhan sehingga api menjalar ke bawah dapur yang bertumpuk banyak serabut kelapa. Mereka sekeluarga pun memutuskan untuk tidur dikarenakan hari semakin larut. Mendengar suara letusan dari dapur, istri Burhan pun terbangun dan dengan sigap membangunkan seluruh keluarganya. Burhan pun meminta pertolongan dengan warga sekitar untuk memadamkan api yang semakin menghanguskan rumah mereka. Namun dikarenakan rumah mereka sebagian terbuat dari kayu, maka mempermudah api untuk meluas pembakaran.

Dua unit Mobil pemadam kebakaran milik Satpol PP Damkar diturunkan di lokasi kejadian untuk memadamkan api. Namun rumah tersebut tak bisa terselamatkan karena begitu cepat nya api melahap rumah tersebut. Dari banyaknya barang dirumah tersebut, hanya 1 sepeda motor dan 1 televisi yang dapat diselamatkan. Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, hanya saja kerugian ditafsir puluhan hingga ratusan juta.

Sedangkan yang lainnya hangus di lahap si jago merah. Tidak ada korban dalam kejadian kebakaran tersebut, namun kerugian di taksir mencapai puluhan juta rupiah.

“Untuk saat ini kami sebagai warga setempat turut berduka atas kejadian tersebut. Dan membuka donasi untuk seluruh masyarakat diluar sana yang ingin menyumbang baik dalam bentuk uang ataupun barang “ ujar Yana selaku warga setempat yang memiliki antusias tinggi. (Dan)