Kemenag Rohul Gelar Manasik Bagi Calo Haji 1440 Hijriyah

19

PASIRPENGARAIAN – Kemenag Rokan Hulu mengadakan Manasik Haji bagi jamaah haji kabupaten Rokan Hulu. Rabu (03/07/2019).

Manasik haji merupakan hal penting yang harus diikuti oleh calon jamaah haji. Karena di manasik ini para calon haji akan diberikan pengarahan sekaligus pengetahuan mengenai haji. Baik pengetahuan tentang berhaji. Ataupun kondisi Mekah dan Madinah tempat tujuan haji.

Adapun jamaah haji untuk kabupaten Rokan Hulu pada tahun ini adalah 449 jamaah yang tersebar dari berbagai kecamatan. Untuk jamaah terbanyak sendiri berasal dari kecamatan Rambah yang berjumlah 68 jamaah, sedangkan diurutan kedua berasal dari kecamatan Ujung batu yang berjumlah 63 jamaah.

“Manasik haji ini dilaksanakan selama tiga hari. Dimana dua hari dipimpin oleh Kemenag Rokan Hulu dan satu hari dipimpin oleh pemerintahan Rokan Hulu. Untuk Manasik ini telah dimulai pada hari Selasa semalam. Dan akan berakhir pada hari Kamis besok” jelas Marthillevi saleh. S.Ag. M.Sy. selaku Kasi PHU (Penyelenggara Haji dan Umroh ) Kemenag Rohul.

Untuk jamaah haji sendiri, seperti tahun-tahun sebelumnya sudah mendapatkan penanganan kesehatan sembilan bulan sebelum pemberangkatan. Penanganan ini berupa cek kesehatan dan menjaga kesehatan menjelang pemberangkatan.

“ kita harapkan seluruh jamaah haji untuk dapat mempersiapkan diri. Mengingat kegiatan haji ini berhubungan dengan fisik. Sehingga harus menjaga kesehatan. Dan lebih-lebih adalah taqwa kepada Allah SWT sehingga menjadi haji yang mabrur”. Pesan Marthillevi. (Dan)