Peringkat Nilai Ujian SMP 3 Terendah Di Provinsi Riau, Ini Jawaban Dinas Pendidikan Rokan Hulu

141

PASIRPENGARAIAN – Jumlah nilai rata-rata tingkat SMP di Kabupaten Rohul menurun, Dinas Pendidikan Rohul ajak orang tua untuk lebih pantau anak mereka. Rabu (04/07/2019).

Mengalami pemerosotan dalam jumlah rata-rata nilai ujian tingkat SMP, membuat Rokan Hulu harus menerima kenyataan. Yang tahun sebelumnya Rokan Hulu menduduki peringkat ke-8, kini kabupaten Rokan Hulu harus turun peringkat menjadi 3 terendah di provinsi Riau.

Ditahun lalu, nilai rata-rata kelulusan tingkat SMP berada diposisi ke-8 dibawah kabupaten Rohil yang berada di posisi ke-7 dan diatas kabupaten Pelalawan yang berada di posisi ke -9. Ditahun ini kabupaten Rohul berada di peringkat ke-3 terendah di provinsi Riau. Dimana ada dua kabupaten lagi yang berad dibawahnya, yaitu kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten kepulauan Meranti.

Adapun penurunan jumlah nilai rata-rata siswa SMP tersebut menurut Dinas Pendidikan Rokan Hulu, Drs. H. Ibnu Ulya M.Si, adalah dikarenakan peningkatan jumlah peserta didik dari tahun sebelumnya. Sehingga banyaknya anak murid yang masih dalam penyesuaian yang berakibat penurunan dalam hasil anak peserta didik.

“kurangnya kesiapan sekolah dan guru-guru juga merupakan penyebab turunnya nilai anak-anak murid kita. Dimana sekolah-sekolah yang terisolir, terkadang bukan guru bidang studinya yang mengajarkan mata pelajaran tersebut. Dan itu merupakan kelemahan kita. Dimana kita masih kekurangan guru” ungkap Ibnu Ulya.

Dalam menangani masalah tersebut, Dinas Pendidikan Rokan Hulu akan menambah intensitas guru dalam bentuk menambah pelatihan-pelatihan bagi guru untuk persiapan UNBK. Dinas pendidikan juga akan mengontrol para pengawas untuk tetap melakukan persiapan terhadap peserta didik dalam menuju UNBK nantinya.

“ Kita berpesan kepada pihak sekolah untuk mempersiapkan guru ataupun murid dalam UNBK. Dapat berupa perbanyak latihan menjawab soal-soal ujian”. Jelas Ulya.

Ulya juga berperan kepada orang tua wali murid untuk senantiasa menjaga dan menyemangati anak-anak mereka. Sehingga dapat fokus ke sekolah dan ujian UNBK nantinya. (Dan)