Berangkat Haji, Jamah Rohul Wajib Catat Tanggal Penting Ini

60

PASIRPENGARAIAN – Jamaah Haji asal Rokan Hulu akan berangkat pada tanggal 20 Juli 2019 nanti. Jum’at (05/07/2019).
Melaksanakan haji adalah rukun Islam yang ke-5 yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam yang mampu. Tidak sedikit umat Islam yang sengaja menabung bertahun-tahun untuk dapat melaksanakan ibadah haji tersebut.

Untuk saat ini, di beberapa daerah Indonesia sudah banyak yang beranjak dari rumah mereka untuk berangkat haji. Untuk jamaah haji Rokan Hulu sendiri akan berangkat bersamaan pada 20 Juli 2019 nanti.

Adapun rute yang akan ditempuh oleh jamaah haji asal Rokan Hulu adalah Pemberangkatan tepat pada 20/07/2019 dari Pasir Pengaraian menuju Pekanbaru. Setelah dipekanbaru, jamaah akan menginap di Pekanbaru selama semalam.

Keesokan harinya, jamaah haji langsung diberangkatkan menuju Batam. Dari Batam jamaah akan langsung di Terbangkan menuju Jeddah dengan jalan tempuh 9 jam perjalanan. Sesampai di Jeddah nantinya jamaah haji akan mulai melaksanakan ibadah haji bersama dengan yang lainnya.
Sedangkan untuk berkas-berkas pelengkap seperti pasport dan yang lainnya sudah jauh hari diserahkan oleh jamaah haji yang hendak berangkat tahun ini.

“kita berharap kepada setiap jamaah yang berangkat haji tahun ini agar dapat mengantarkan kopernya sehari sebelum pemberangkatan. Yaitu 19 Juli,” Jelas Marthillevi Saleh SAg MSy selaku Kasi Pemberangkatan Haji dan Umroh Kemenag Rohul.

Adapun jamaah haji pada tahun 2019 ini adalah berjumlah 449 jamaah yang tersebar di seluruh kabupaten Rokan Hulu.

Marthillevi juga menghimbau kepada seluruh jamaah haji untuk tetap menjaga kesehatan menjelang pemberangkatan. Lebih lagi Kesehatan yang harus dijaga selama penunaian ibadah haji. Karena hal ini berkaitan dengan energi yang akan terkuras selama menunaikan ibadah haji. Dengan otomatis mengharuskan para jamaah untuk memiliki kesehatan prima dalam menjalankan agenda haji tersebut.

“Para jamaah Haji diharapkan untuk tidak berlebihan dalam pemberangkatan haji ini. Bawalah barang-barang yang dianggap perlu. Bawalah baju secukupnya saja. Sehingga tidak membebankan para jamaah dengan barang bawaan,” Pesan Marthillevi.

Kasi PHU tersebut juga berpesan kepada jamaah untuk perbanyak berdo’a. Meminta pertolongan kepada Allah untuk terjaganya keselamatan selama kegiatan haji nantinya. (Dan)