PKK Pematang Tebih Lakukan Persiapan Ikuti Lomba Kelembagaan di Tingkat Provinsi

432
UJUNGBATU – Jelang Penilaian Lomba Kelembagaan PKK Provinsi, PKK Desa Pematang Tebih, Kecamatan Ujungbatu, mewakili Kabupaten Rokan Hulu, bersiap mengikuti lomba kelembagaan PKK Tingkat Provinsi Riau pada 19 Agustus 2019 mendatang.
Persiapan yang dilakukan mulai dari menyusun dan melengkapi administrasi masing-masing Pokja sampai profil kegiatan Pokja yang sudah terlaksana di Sekretariat PKK Desa Pematang Tebih, Kamis (8/8/2019). Selain itu, koordinasi antara PKK Kecamatan dan Desa terus dilakukan, guna menyempurnakan kesiapan penilaian Tim Penilai Lomba Kelembagaan PKK Provinsi Riau.
Pembina PKK yang juga Camat Ujung Batu, Arie Gunadi SSTP bersama Ketua PKK kecamatan, Nelva Febrianti Arie SKM mengecek langsung kesiapan dari seluruh kades yang akan mengikuti lomba.
Pada kesempatan itu, Ketua PKK kecamatan Nelva Febrianti memberikan pengarahan secara gamblang apa yang harus dilengkapi dan disiapkan jelang penilaian lomba ini nantinya. “Karena ini lomba kelembagaan, yang akan menjadi penilaian adalah terkait administrasi, dan apa saja inovasi yang sudah dilakukan di desa tersebut,” terang Nelva.
Nelva melihat, sejauh ini kesiapan PKK Desa Pematang Tebih sudah mencapai 80 persen. Baik itu kelengkapan administrasi dan profil kegiatan dari Pokja I terhadap pola asuh anak remaja, Pokja II terhadap bina keluarga balita dan UP2K. Kemudian, Pokja III sebagai hatinya PKK, terakhir Pokja IV terhadap kegiatan perencanaan sehat dan posyandu.
Sedangkan Inovasi desa yang menjadi penilaian, kata Nelva bersyukur desa tersebut sudah membuat sebuah karya berupa mesin penabur benih sayuran yakni Mesin Seeder yang juga sudah diperlombakan di tingkat provinsi.
Bukan hanya itu, lanjut Nelva kebun Dasa Wisma yang merupakan bagian tugas Pokja I  terus dikembangkan, dan sudah melengkapi 3 buku wajib beserta profil kegiatannya.
“Kami yakin, dengan kekompakan seluruh kader baik PKK, Posyandu dan Dasa Wisma bisa membawa Desa Pematang Tebih memenangkan lomba Kelembagaan PKK Provinsi Riau,” kata Nelva optimis.
Ditambahkan Ketua PKK Desa Pematang Tebih, Ely Surianti LT SPd Aud, bahwa lomba Kelembagaan PKK tingkat provinsi ini. Pihaknya tinggal menyempurnakan administrasi yang sebelumnya diperlombakan di tingkat kabupaten.
“Kemudian, semangat para kader terus dipacu, agar lebih telaten menyiapkan apa saja yang akan menjadi penilaian, contohnya semangat gotong-royong. Sebab, tantangan berbeda dengan lomba di kabupaten,” ujar Ely.
Dirinya menyebut, prestasi yang dicapai sampai ke tingkat provinsi ini berkat kerjasama dan kekompakkan kader baik PKK, Posyandu dan Dasa Wisma. Juga dorongan dari Ketua PKK kecamatan, dinilai sudah memiliki banyak pengalaman dalam perlombaan tersebut.
“Prestasi ini tidak terlepas juga dari pembinaan dan pengawasan dari ibu Ketua PKK kecamatan. Dimana, ibu Nelva ini sudah banyak pengalaman dalam pengawasan lomba PKK tingkat kecamatan maupun provinsi,” jelasnya.