Kabut Asap Memasuki Rohul, Dinas Kesehatan Himbau Kurangi Aktivitas diluar Rumah

448

PASIRPENGARAIAN – Kabut asap mulai memasuki kabupaten Rokan Hulu. Dinas Kesehatan imbau masyarakat Rohul untuk jaga kesehatan dari kabut asap. Sabtu (10/08/2019)

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di sejumlah kabupaten/kota di provinsi Riau menyebabkan kabut asap diberbagai titik. Hal ini mulai mengganggu kesehatan masyarakat kabupaten Rokan Hulu. Kabut asap kiriman kabupaten tetangga menyebabkan warga di perbatasan mulai terserang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Dari data Dinas Kesehatan Rohul, Jumlah penderita ISPA sudah mencapai 239 jiwa yang tersebar di 16 Kecamatan. Dimana daerah terdekat Perbatasan Rohul-Kampar, seperti Kabun, Ujung Batu dan Rambah Samo menjadi yang terbanyak terserang ISPA.

“Di Kecamatan Kabun yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kampar, pihak puskesmas setempat bahkan sudah meminta bantuan masker untuk mengatasi kabut asap yang mulai menebal di daerah tersebut,” sebut Bambang dalam wawancaranya.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu, dr Bambang Triyono, dari data yang dihimpun di 3 kecamatan tersebut, jumlah Warga yang sudah terserang ISPA mencapai 95 Kasus. Antara Lain Rambah samo 43 kasus, kabun 31 Kasus dan Ujung Batu 21 kasus.

“kita menghimbau kepada warga Rohul untuk meningkatkan kewaspadaan terutama bayi dan Balita jaga kesehatan dan mengurangi aktivitas di luar rumah,” ucapnya.

Selain ISPA dari data Dinas Kesehatan Rohul juga terdapat 23 kasus iritasi mata 23, 14 kasus iritasi kulit, 1 kasus Pneumonia, dan 13 Kasus Asma. (Dan)