Mahasiswa UNRI Ajak Pelajar Manfaatkan Botol Bekas Jadi Sesuatu Berguna

267

UJUNGBATU – Keberadaan Mahasiswa Universitas Riau (UNRI) yang melaksanakan masa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dirasa berdampak positif, khususnya bagi warga Sekolah Dasar (SD) Negeri 011 Ujung Batu, Rohul yang terletak di Penghijauan, Desa Ngaso.

Bagaimana tidak, selama masa KKN di Desa Ngaso para mahasiswa mengabdi kepada lembaga pendidikan negeri tersebut, salah satunya lewat Sosialisasi Metode Ecobrick.

Disampaikan Kordinator Desa (Kordes) KKN Unri Desa Ngaso tahun 2019, Ebean Ezher Batubara menerangkan, Sosialisasi Metode Ecobrick mendapat hati dari warga sekolah. “Kami sangat bersyukur, meski baru pertama, sosialisasi Ecobrick pada Senin (12/8) kemarin sukses, disambut antusias dari murid dan majelis guru,” kata Ezher.

Ia menjelaskan, Ecobrick ini adalah sebuah metode pemanfaatan botol bekas dijadikan sesuatu yang berguna. Dimana, metode ini terbukti mengurangi jumlah sampah plastik di Kanada, negara tempat asal pencipta Ecobrick, Russell Maier.

“Contoh pemanfaatannya adalah untuk pembuatan meja, kursi, tong sampah, tembok, maupun barang kesenian yang memiliki nilai jual,” kata Ezher kepada wartawan, Kamis (15/8/2019).

Ezher berharap kedepan, para adik pelajar SDN 011 Ujung Batu mengerti dan bisa mempraktikkan sendiri di rumah metode tersebut. Bukan sekedar membuat sebuah karya, memanfaatkan barang bekas botol ini, sama saja ikut mensosialisasikan kepada masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan.

Sementara, Nelda SPd selaku Kepala SDN 011 Ujung Batu mengaku, sangat senang dengan ilmu yang disampaikan lewat Mahasiswa KKN Unri tersebut. “Kami sangat mengapresiasi acara ini, selama ini gak pernah kepikiran buat tong sampah berbahan botol bekas,” kata Nelda yang saat itu menerima 3 buah tong sampah dari Kordes Ebean Ezher Batubara.

Kedepan, kata Nelda pihaknya berkeinginan mengembangkan Ecobrick ini, sehingga nantinya seluruh tong sampah terbuat dari botol bekas. “Kami akan coba mengembangkan metode ini di sekolah, mudah-mudahan bisa sebagai pendukung SDN 011 Ujung Batu meraih sekolah Adiwiyata,” tutupnya.