DKP Riau Gelar Kampanye GEMARIKAN Bersama Ratusan Anak Rohul

403
DKP Riau Gelar Kampanye GEMARIKAN Bersama Ratusan Anak Rohul
DKP Riau Gelar Kampanye GEMARIKAN Bersama Ratusan Anak Rohul

PASIRPENGARAIAN – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Riau menggelar Kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) Tahun 2019, yang dipusatkan di Halaman Kantor Desa Suka Maju, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Jum’at (23/8/2019) pagi.

Kampanye GEMARIKAN ini melibatkan ratusan anak sekolah di lingkungan Kecamatan Rambah, dengan tujuan dalam rangka peningkatan kualitas kesejahteraan dan kesehatan masyarakat melalui peningkatan pola konsumsi ikan.

Hadir Dalam Kegiatan itu, Bupati Rohul, H Sukiman yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan, H Irfan Ridho, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Rohul, Ir Sri Hardono MM, Dinas Kelautan dan Perikanan Riau, Ketua Komisi II DPRD Rohul, Hj Sumiartini dan Anggota DPRD Rohul Kasmawati, Pengurus PKK Rohul, Camat Rambah Fhatanalia Putra dan Kades Suka Maju Suherdi ST.

Dalam sambutannya, Bupati Rohul, H Sukiman yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan H Irfan Ridho mengatakan, kegiatan GEMARIKAN ini sebagai upaya untuk menumbuhkembangkan kepedulian dan kecintaan masyarakat Rohul untuk gemar makan ikan sejak usia dini.

“Upaya peningkatan konsumsi makan ikan ini memerlukan langkah dan gerakan bersama secara berkesinambungan,” katanya

Tambah Irfan Ridho, Keberhasilan suatu bangsa dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusianya dimulai dari membentuk generasi yang sehat dan cerdas, serta kuat baik fisik dan mental.

“Kita berusaha untuk mendorong masyarakat terutama ibu-ibu hamil dan balita serta anak-anak agar gemar mengkonsumsi ikan. Pada ikan banyak sekali zat yang diperlukan tubuh dan berguna bagi kesehatan. Ikan mengandung zat omega 3 yang sangat penting untuk perkembangan kecerdasan anak terutama pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK),” ucapnya.

Irfan Ridho berharap dengan adanya perkembangan anak-anak dalam usia kandungan sampai balita harus lebih banyak memakan ikan dari pada daging, sebab dalam Ikan ini meningkatkan pertumbuhan dan gizi pada anak cukup tinggi.

“Upaya kita kedepannya supaya ini terpenuhi, budidaya ikan kedepannya akan kita tingkatkan sehingga nanti jumlah produksi ikan yang ada di Rokan Hulu meningkat, selain itu juga harus ditingkatkan dalam pengolahan ikan, sebab di usia anak-anak ini lebih gemar memakan ikan,

“Ikan yang diolah menjadi makanan itu seperti makan kudapan, bakso ikan atau nuggetnya, kita berharap nanti dari Dinas terkait supaya membuat pengolahan ikan yang lebih baik lagi kedepannya,” katanya

Irfan Ridho mengaku, Kampanye GEMARIKAN ini sangat penting bagi anak-anak Rohul sebagai Generasi Emas, sehingga menjadi generasi yang sehat, pintar dan kuat.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemasaran dan Promosi DKP Riau Hery Firmansyah Napitulu S.Pi menyatakan lewat program GEMARIKAN yang dilaksanakan dapat mengedukasi masyarakat Rohul agar memperhatikan asupan nutrisi, khususnya dari sumber pangan ikan yang kaya akan gizi.

“Di samping itu diharapkan pula dapat mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan, pembudidaya, pengolah dan pemasaran hasil perikanan melalui peningkatan rata-rata konsumsi ikan” katanya.

Kegiatan ini, diharapkan Hery juga dapat meningkatkan konsumsi makan ikan yang akan mempengaruhi peningkatan kualitas sumberdaya kesehatan masyarakat Provinsi Riau khsusunya Rohul.

“Oleh karena itu, untuk meningkatkan gizi masyarakat, minat mengkonsumsi ikan perlu terus diupayakan peningkatannya, selain dapat menjadi penggerak perekonomian masyarakat,” tambahnya

Tambah Hery, Kegiatan Kampanye GEMARIKAN ini sudah dilaksanakan 6 (Enam) Kabupaten di Provinsi Riau, Seperti Siak, Inhu, Rohul, Kuansing, Inhil dan Puncaknya di Pekanbaru.

“Kita berharap kepada Pemkab Rohul terus berupaya mendorong masyarakat untuk makan ikan, terkhusus untuk anak-anak orang tua harus pandai mengolah ikan menjadi makanan yang disukai anak, seperti Nugget, Baksi Ikan, Kaki Naga Ikan, makanan ini cepat diterima oleh anak-anak kita, yang terpenting ibu-ibu harus pandai mengolah makanan agar menjadi daya tarik bagi anak-anak kita,” pungkasnya.