Asisten II Buka Diklat dan Ujian Pengadaan Barang dan Jasa

PASIRPENGARAIAN – Lembaga kebijakan pengadaan barang atau jasa pemerintah (LKPP) adakan Diklat dan ujian sertifikasi dilingkungan pemerintah daerah kabupaten Rokan Hulu. Convention Hall Masjid Madani Islamic centre Rokan Hulu. Senin (26/08/2019).

Terdapat 80 peserta yang mengikuti diklat dan ujian sertifikasi ini. Yang mana 40 diantaranya hanya mengikuti ujian saja. Sedangkan 40 lainnya mengikuti diklat.

Program Diklat dan ujian pengadaan dipandu langsung oleh LKPP nasional. Sehingga setiap peserta diklat maupun peserta ujian dapat memahami ilmunya langsung dari sumber yang telah dipercaya. Program diadakan selama 3 hari, yang mana satu hari untuk pembukaan dan dua hari selanjutnya pembekalan. Kelak ujian akan dilaksanakan pada tanggal 6 September 2019.

Acara dibuka langsung oleh Asisten II, H. Irpan Ridho. Didalam sambutan Bupati, Irpan Ridho menyampaikan penyelenggaraan diklat pengadaan dan jasa telah diatur dalam perpres nomor 16 tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Irpan Ridho juga menjelaskan tentang petunjuk dari lembaga kebijakan pengadaan barang dan jasa pemerintah (LKPP) sebagai penyempurnaan terhadap aturan yang telah ditetapkan sebelumnya.

“ yang kita harapkan adalah bagaimana diklat dan ujian pengadaan barang dan jasa terlaksana ini membuat PNS yaitu petugas pengadaan barang dan jasa tidak ragu-ragu lagi untuk mengambil langkah-langkah bagaimana pengadaan barang dan jasa yang benar” ungkap Irpan Ridho.

Irpan juga menegaskan bahwa kegiatan tersebut sangat penting untuk mensukseskan program pemerintah, mengendalikan pelaksanaan program atau pengendalian program serta upaya meminimalisir pengeluaran.

“kalau diliat kelulusannya tergantung kemampuan PNS itu sendiri sebab ini kan yang mengadakan lembaga jadi yang memenuhi syarat yang lulus cuma kita berharap para peserta belajar mempelajari apa-apa saja yang perlu untuk pelaksanaan barang dan jasa ini sehingga banyak yang lulus,” kata Irpan Ridho.

Kemudian panitia pengadaan diklat dan ujian sertifikasi sekretariat daerah rohul, Muhardhan Zulfatoni mengatakan untuk kegiatan ini sengaja ditaja oleh petugas pengadaan barang dan jasa sekretariat daerah ini bertujuan dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi SDM aparatur dibidang barang dan jasa untuk jumlah peserta sendiri ada 80 orang peserta terdiri 40 orang yang mengikuti diklat dan ujian dan 40 orang lagi hanya mengikuti ujian saja sebab tahun lalu belum lulus.

“kami dari panitia berharap para peserta bisa lulus dan SDM yang memiliki sertifikat bisa lebih meningkat dari tahun sebelumnya untuk itu diharap untuk semua peserta bisa mengikuti karna kali ini metodenya sedikit berbeda yaitu metode blin that morning atau penggabungan dari pada E-learning secara online dengan kelas klasik kelas tatap muka jadi memang waktu nya sangat sedikit lebih panjang dari pada biasa nya, ” kata Muhardhan.

Muhardhan juga menjelaskan tentang proses pembekalan Diklat diadakan secara E-Learning, yang mana menggunakan sistem online. Sehingga setiap peserta diwajibkan untuk memiliki hp Android. Namun untuk ujiannya sendiri akan dilakukan secara manual, yaitu menggunakan kertas.

” peserta yang mengikuti sangat bervariasi yang dikirim opd termasuk bendahara, sekretaris, staf dan ada juga pengguna anggaran pak suparno selaku kadis perkim salah satunya,” ungkapnya.
Muhardhan Zulfatoni selaku Kabag pengadaan barang dan jasa pemerintah kabupaten Rokan hulu. (Dan)