Sekda Rohul Buka Perkemahan Lima Luhak Penegak dan Pandega se Rohul di UPP

462
Sekda Rohul, H Abdul Haris pada saat menjadi Pembina Upacara Pembukaan Perkemahan Lima Luhak Penegak dan Pandega se Rohul tahun 2019 di UPP
Sekda Rohul, H Abdul Haris pada saat menjadi Pembina Upacara Pembukaan Perkemahan Lima Luhak Penegak dan Pandega se Rohul tahun 2019 di UPP

PASIRPENGARAIAN – Memotivasi semangat serta gairah generasi muda khususnya anggota Pramuka agar terus berkarya dan berinovasi, Universitas Pasir Pengaraian (UPP) menggelar Perkemahan Lima Luhak Penegak dan Pandega (PL2TD) yang diikuti siswa SLTA se Kabupaten Rokan Hulu. Rabu (28/8/2019) sore.

Perkemahan Lima Luhak Penegak dan Pandega (PL2TD) se Rohul itu dibuka Bupati Rokan Hulu yang diwakili Sekda Rohul, H Abdul Haris SSos MSi yang dihadiri oleh Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus), DR Adolf Bastian MPd berserta jajarannya yaitu, Mabigus Revi Antoni MPd, Khairul Fahmi MT, Rahmi, M Biomed.

Turut juga hadir, Ketua Gugus Depan Pramuka UPP, Zulkifli SH MH, CLA serta Pembina Gugus Depan, Ryan Prayogi MPd dan Ilham MPd, Wakil Ketua Bina Muda Kwartir Cabang Rokan Hulu, Khairul Akmal MSi, Ka. kwaran Rambah Hilir, Kasat Bhinmas Polres Rohul dan Andalan Kwartir Cabang.

Pemangku Adat yang juga Panitia Pelaksana, Ridho Fadhly dalam laporannya menjelaskan, bahwa perkemahan Lima Luhak Penegak dan Pandega se Rohul tahun 2019 dimulai pada 28 Agustus 2019 sampai dengan 1 September 2019, dengan alokasi peserta berjumlah 514 orang yang berasal dari siswa SLTA se Rokan Hulu, dengan jumlah sekolah yang mengikuti 28 sekolah SLTA se Rohul. Kegiatan ini berbentuk perkemahan yang diisi dengan berbagai macam kegiatan lomba dan non lomba.

“ Kami berharap semoga kegiatan ini menjadi ajang yang mampu menciptakan generasi muda yang kompetittif dan ikutserta dalam perkembangan kepramukaan khususnya di Kabupaten Rokan Hulu, selamat bertanding, junjung tinggi sportivitas,” tegas Ridho.

Sementara itu, Bupati Rohul, H Sukiman yang diwakili Sekretaris Daerah Rohul, H Abdul Haris SSos MSi pada saat menjadi Pembina upacara pembukaan, dalam amanatnya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta yang ikut dalam kegiatan Perkemahan Lima Luhak Penegak dan Pandega se Rohul tahun 2019 di UPP.

Haris mengatakan, bahwa gerakan pramuka telah membaktikan diri mendidik kaum muda melalui prinsip dan metode pendidikan yang dikenal dengan kepramukaan. segenap daya upaya ditujukan dan diabdikan kearah pendidikan dan pembinaan kaum muda agar menjadi manusia berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki keterampilan dan sehat jasmani.

“ Dengan mengikuti latihan-latihan yang teratur diharapkan anggota gerakan pramuka menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tuturnya.

Lanjutnya, melalui pendekatan inilah watak dan kepribadian anggota dibentuk dalam satuan pramuka yang merupakan ujung tombak pelaksanaan pendidikan gerakan pramuka. Oleh karenanya para peserta agar selalu memperoleh dukungan dari Kwartir Gerakan Pramuka, masyarakat dan orangtua. Disamping itu gerakan pramuka diharapkan perannya sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa sebagai salah satu bentuk pengamalan Satya dan Dharma Pramuka.

“ Saya mengajak segenap gerakan pramuka untuk mendukung kegiatan perkemahan yang dilaksanakan oleh Universitas Pasir Pengaraian”, ucapnya.