Masyarakat Rohul Kecewa, Mobil Truck Tronton Melintas Ditengah Kota

PASIRPENGARAIAN – Truck tronton berjalan bebas ditengah jalan kota pasir pengaraian, masyarakat marah dan takut jalan cepat rusak. Jumat (06/09/2019).

Banyaknya truck tronton yang berjalan di tengah malam di kota Pasir Pengaraian membuat resah masyarakat setempat. Truct tronton yang dikenal mobil besar ini biasanya beroperasi di jam 22.00 wib.

Melalui akun FB nya, Hafiz Tambusai memberikan kritikan pedas kepada pemerintah dan dinas terkait tentang permasalahan ini.

“Kami mewakili warga kota pasir pengarain meminta kepada yang terhormat bupati rokan hulu dan dinas terkait untuk menertibkan truck tronton dengan tonase tinggi yang beroperasi di dalam kota waktu dini hari. jangan tunggu masyarakat yang turun kejalan” ungkap Hafiz di akun FB miliknya.

Hafiz berharap pemerintah atau dinas terkait dapat memberhentikan rutinitas perusahaan yang tidak dapat menertibkan jalan raya. Mengingat besarnya kapasitas mobil dan muatan yang dibawa. Sehingga menimbulkan dampak aspal cepat rusak dan berlubang.

“ bila mau perusahaan terkait bisa angkut serta pakai dump truk cold disel, kan lebih kecil dan tidak merusak jalan” ungkap Hafiz.

Ditempat yang berbeda, wartawan Riausmart.com juga meminta tanggapan dari Dinas perhubungan kabupaten Rokan Hulu.

“ sebelumnya kita telah sering sekali mengadakan mediasi terhadap perusahaan terkait. kita undang mereka, dan kita sosialisasikan. Namun sampai saat ini perusahaan tidak mengindahkan himbauan yang kami sampaikan” ungkap H. Syofwan.S.Sos selaku Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Rokan Hulu.

Menurut Syofwan, penggunaan mobil truck tronton ini merupakan upaya perusahaan yang tidak ingin rugi dalam berbisnis. Sehingga para pengusaha menggunakan mobil dengan kapasitas yang lebih besar untuk membawa muatan.

“ Kita juga mengadakan kesepakatan dengan perusahaan yang rerkait, yang mana mobil tidak dapat melewati jalan raya dijam-jam sibuk. bila tidak dijam sibuk boleh saja Dan mereka telah mematuhinya” ungkap Minarli Islami.SP selaku sekretaris Perhubungan.

Minarli juga menambahkan bahwa mobil truck tronton tersebut tidak memiliki perizinan. Karena pada perundang-undangan sekalipun tidak membatasi mobil untuk beroperasi beroperasi. Namun tentunya harus mengikuti peraturan perundang-undangan yang ada, seperti besarnya muatan dan jam beroperasi.

“ tentunya kami tetap akan terus memantau jalan raya kita. Dan akan menindaklanjuti mobil yang tidak mematuhi peraturan” ungkap Minarli. (dan)