Jaga Keselamatan Kerja, Sekda Rohul Launching BPJS Ketenagakerjaan

297

PASIRPENGARAIAN – Sekda Rohul, Abdul Haris membuka desa sadar BPJS Ketenagakerjaan di Desa Teluk Aur, Kecamatan Rambah, Senin(09/09/2019).

BPJS Ketenagakerjaan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan) adalah program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu. BPJS ketenagakerjaan dalam penyelenggaraannya menggunakan mekanisme asuransi sosial. Sehingga banyak kelebihan yang ditawarkan dalam keikutsertaan program ini.

“ desa sadar jaminan sosial BPJS ini adalah program pemerintah mulai dari pusat sampai daerah. Dimana dengan program ini pekerja mendapat perlindungan dari pemerintah. Sehingga setiap pekerja tidak perlu khawatir ketika sakit dalam bekerja” ungkap Abdul Haris.

Abdul Haris mengatakan bahwa dengan mendaftar di BPJS Ketenagakerjaan, pekerja akan terbantu jika terjadi kecelakaan kerja. Baik diperusahaan maupun pekerja buruh harian dengan iuran Rp14.000-Rp16.000 perbulan.

Sementara itu, Kemudian Kepala BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru-Panam, Ahmad Pauzan menjelaskan tujuan mereka untuk memberikan perlindungan, dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat desa dari segala resiko ekonomi sosial.

Artinya masyarakat desa jika sudah terdaftar di BPJS baik itu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, pihaknya akan memberikan pelayanan yang baik.

“Desa Teluk Aur sendiri sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan sejak tahun 2017, program pemerintah ini sangat lah penting untuk para pekerja khususnya disini, banyak pekerja buruh sawit secara geografis ini tingkat resiko yang sangat tinggi. Karna setelah kami telusuri banyak masyarakat yang mengeluh matanya terkena duri sawit. Itukan sangat berbahaya sekali, dan hal ini berbeda dengan pekerja yang bekerja di perusahaan.

Pekerja di perusahaan semuanya diatur sistem manajemennya baik kesehatan pekerjanya sudah diatur, tapi kalau di desa ini mohon maaf ini bisa jadi tingkat risiko kecelakaan kerja,” kata Pauzan.

Untuk itu, dilanjutkan Pauzan, keselamatan pekerja yang tinggi harus lebih diutamakan, dengan bekerja sama dengan kepala Desa Teluk Aur, Kecamatan Rambah Samo.

Agar masyarakat pekerja terlindungi dan proteksi dalam program BPJS Ketenagakerjaan. (Dan)