Perkuat SDM Petugas Masjid, IKMI Ujung Batu Pelatihan Takmir, Khatib dan Imam

291

UJUNGBATU – Dalam rangka memperkuat kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berhubungan dengan Kemasjidan, Idaroh Kemakmuran Masjid Indonesia (IKMI) Kecamatan Ujung Batu mentaja pelatihan Takmir, Khatib dan Imam di Masjid Darul Iman Kelurahan Ujung Batu, Ahad (8/9/2019).

Pelatihan yang diikuti puluhan peserta berasal dari masjid dan musholla binaan IKMI Ujung Batu ini dibuka oleh Camat Ujung Batu, Arie Gunadi SSTP. Tampak hadir juga, Ketua LKA Ujung Batu Datuk Bandaro Dahnil Malil MSi, Kepala KUA H Jali Sitakar MSy, anggota DPRD Dapil IV Budi Darman, segenap pengurua IKMI Kabupaten Rohul, Ketua IKMI Ujung Batu, Maswir SPd beserta, panitia, pengurus dan anggota.

Dalam sambutannya Ketua IKMI Ujung Batu, Maswir SPd menerangkan, tujuan diselenggarakannya pelatihan bagi petugas masjid itu adalah untuk mengatasi persoalan krisis SDM berkaitan dengan kemasjidan. “Kita sangat miris ada kejadian yang kami temui, dimana di salah satu masjid tidak jadi melaksanakan Sholat Jumat, disebabkan khatib hari itu berhalangan hadir, yang seharusnya bisa digantikan khatib cadangan dari masjid.

Sebab itu, kata Maswir IKMI Ujung Batu merasa terpanggil untuk membenahi kekurangan potensi petugas masjid tersebut. Melalui pelatihan dari sekarang juga akan menjawab tantangan kedepan 10 atau 20 tahun akan datang, bagaimana keadaaan agama Islam kalau tidak ada pengkaderan petugas masjid.

Dan pembenahan potensi petugas masjid maupun pengkaderan ini ditekankan kepada masjid, musholla dibawah bimbingan IKMI, tapi tidak menutup diri kepada masjid lainnya untuk ikut. Sebab IKMI, ditegaskan Maswir bukan lembaga politik dan tidak terikat dengan organisasi apa pun.

“ Kita tidak ada memililah milah, tidak terkotak-kotak, jadi siapa pun asal mau mengembangkan dakwah untuk membina umat kita, monggo kita jalan bersama. Itu lah keistimewaan dari IKMI ini,” tegas Maswir yang juga pimpinan MTsN 2 Rohul ini.

Kedepan, kata Maswir IKMI Ujung Batu mencoba memperluas ruang dakwahnya ke kecamatan tetangga seperti Rokan IV Koto, Pagaran Tapah Darussalam, dan Kunto Darussalam. Jadi ia berharap dukungan seluruh umat Islam agar ikut berperan aktif memberi dukungan pada IKMI baik moril maupun materil.

“ IKMI ini berdiri sendiri atau lembaga independen, tidak ada kendali dari pihak mana pun. Jadi siapa saja umat Muslim boleh memberi dukungan baik moril maupun materil. Insha Allah, IKMI akan perkuat, perkokoh lagi dakwah di bumi Rokan Hulu,” ucap Maswir.

Pelatihan bagi petugas masjid ini, kata Maswir pihaknya sengaja mengundang narasumber yang berkopeten yakni, Dr Erman Gani MA khusus pelatihan bagi takmir dan khatip. “Narasumber kita Dr Erman Gani MA ini merupakan Dosen UIN Susqa Pekanbaru juga Sekretaris MDI Riau. Dan pelatihan imam diisi oleh Narasumber Imam Masjid Agung An Nur Pekanbaru, Drs Nasri ST HI MPd, juga putra jati Ujung Batu,” ulasnya.

Camat Ujung Batu, Arie Gunadi SSTp menyambut baik kegiatan itu, ia merasa bangga seluruh pengurus masjid bisa berkumpul menyamakan persepsi, bagaimana mengurus masjid dan jamaahnya dengan baik.

“ Islam itu Rahmatan Lil Alamin, Islam itu indah. Alhamdulillah hari ini kita bisa berkumpul menyamakan persepsi bagaimana mengurus masjid yang baik. Menciptakan imam, khatib dan tahmid yang dapat menggugah hati jamaahnya ikut memakmurkan masjid,” kata Camat dalam arahannya sekaligus membuka acara pelatihan.

Menurut Camat, masjid bukan hanya sebagai sarana tempat beribadah saja, lebih dari itu Islam sebagai agama yang terbesar umatnya harus bisa menjadikan masjid sebagai pusat aktifitas sebagai contoh, masjid bisa dijadikan central membangun perekonomian umat, serta mencerdaskan generasi muda Islam.

“ Sekarang di kecamatan Ujung Batu ini bisa kita lihat bersama begitu pesatnya pembangunan masjid, hingga ke pelosok sekalipun masjid sudah ada. Menjadi tugas kita bersama mencarikan solusi agar masjid ini dijalankan oleh petugas yang mampu mengajak masyarakat meramaikan masjid dengan pendekatan yang santun,” pesannya.