Asap Mulai Tebal di Rohul, 554 Orang Terjangkit Ispa

323

PASIRPENGARAIAN – Asap mulai memasuki daerah kabupaten Rokan Hulu, terdata 554 orang terjangkit Ispa.

Kabut asap seakan menjadi rutinitas yang hampir setiap tahun menyelimuti provinsi Riau. Sudah menjadi perbincangan hangat saat ini bahwa kabut asap yang ada di Riau mulai meresahkan masyarakat. Bahkan edaran Gubernur Riau tentang meliburkan anak sekolah membuktikan bahwa kabut asap memasuki tahap memprihatinkan.

Saat ini juga tercatat 24 orang terjangkit iritasi mata, 20 orang asma, 2 orang pneumonia dan 25 orang terjangkit sakit kulit.

Hal ini juga membuat resah masyarakat di kabupaten Rokan Hulu, tercatat 554 orang terjangkit ispa dari tanggal 1-9 September 2019 lalu.

“ memang asap sudah memasuki kabupaten Rokan Hulu, Namun asap kita tidak separah yang ada di kota Pekanbaru. Namun kita tetap harus waspada” ungkap dr. Bambang kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu.

dr.Bambang juga menjelaskan bahwa faktor Ispa yang terjadi di kabupaten Rokan Hulu tidak sepenuhnya diakibatkan oleh Kabut asap, bisa jadi penyebab lainnya.

“ kita menghimbau kepada masyarakat Rokan Hulu untuk mengurangi aktivitas diluar rumah, terutama untuk anak-anak,balita, ibu hamil dan lansia” jelas Bambang

dr. Bambang juga berharap kepada seluruh masyarakat Rokan Hulu untuk dapat meminta masker gratis ke Puskesmas terdekat. Hal ini dalam rangka mengurangi ispa yang ada ditengah masyarakat. (Dan)