Asap Semakin Parah, Anggota DPRD Rohul Turut Gelisah

344
anggota DPRD Rokan Hulu, dari fraksi PKS, H Depredi Kurniawan saat membagi masker kepada masyarakat
anggota DPRD Rokan Hulu, dari fraksi PKS, H Depredi Kurniawan saat membagi masker kepada masyarakat

PASIRPENGARAIAN – Kondisi kabut asap yang melanda wilayah Provinsi Riau, beberapa hari terakhir ini sudah kian parah. Jarak pandang yang terbatas dan udara yang tidak lagi sehat. Bahkan Dinas Pendidikan telah meliburkan anak-anak sekolah untuk beberapa hari ke depan dan tanda-tanda asap akan mereda belum tampak.

Hal ini menimbulkan kegelisahan salah seorang anggota DPRD Rokan Hulu, dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS),  H Depredi Kurniawan. Meski dirinya baru saja dilantik beberapa hari lalu, Depredi tidak tinggal diam.

“ Untuk jangka pendek kita harus bergerak cepat mengurangi dampak kabut asap yang melanda Riau dan khususnya di Kecamatan Kepenuhan,” tutur Depredi ketika ditemui saat pembagian masker gratis kepada warga kecamatan Kepenuhan, Rabu (11/9/2019) pagi.

Pembagian masker gratis itu dilaksanakan di sekitar Bundaran Kota Tengah yang juga diikuti oleh kader dan simpatisan PKS Kecamatan Kepenuhan yang ikut prihatin dengan musibah asap ini.

H Depredi Kurniawan mengajak tokoh agama, tokoh adat dan pihak terkait lainnya serta masyarakat untuk melaksanakan shalat Istisqa. Dengan harapan semoga Allah perkenankan hujan turun secepatnya.

Kemudian, Depredi mengajak masyarakat untuk menggunakan masker saat berada di luar rumah dan menghimbau kepada masyarakat agar menghindari pembakaran sampah atau lahan perkebunan saat ini supaya asap di daerah kita bisa secepatnya hilang dan kita kembali merasakan udara yang segar dan sehat.

“ Kami mengajak kepada tokoh agama, tokoh adat dan pihak terkait lainnya serta masyarakat untuk melaksanakan shalat Istisqa. Kami juga menghimbau, mari bersama-sama menghindari pembakaran sampah atau lahan perkebunan saat ini, supaya asap di daerah kita bisa secepatnya hilang dan kita kembali merasakan udara yang segar serta sehat,” ujar Depredi.