Pemdes Ujungbatu Bagikan Masker ke Warga, Balita dan Bumil

295
Pemdes Ujungbatu Bagikan Masker ke Warga, Balita dan Bumil
Pemdes Ujungbatu Bagikan Masker ke Warga, Balita dan Bumil

UJUNGBATU – Cuaca ekstrem disertai kabut asap yang melanda hampir seluruh wilayah Riau termasuk Kabupaten Rokan Hulu sudah sangat mengkhawatirkan, khususnya buat kesehatan masyarakat.

Merasa prihatin atas kondisi ini, Kepala Desa Sukadamai, Afrizal Udau mengajak seluruh perangkatnya termasuk Babinkamtibmas, Brigadir Rahmad Hidayad  untuk turun ke jalan membangikan ratusan masker ke pengendara yang lalu-lalang di Jalan Lintas Ujung Batu-Pasirpengaraian tersebut.

Kepada wartawan, Kades Afrizal Udau mengaku, merasa terpanggil untuk membantu sesama yang terdampak musibah kabut asap.

“ 500 lembar masker kita bagikan hari ini buat pengendara sepeda motor dan mobil yang lalu lalang,” kata Afrizal, Jumat (13/9).

Dia mengakui, aksi kemanusian yang mereka lakukan ini berangkat dari rasa keprihatinan melihat tingginya penderita ISPA di desa itu. “ Saat ini penderita ISPA cukup tinggi, sehingga kami sadar perlu dibagikan masker, setidaknya bisa mengurangi,” ucap Kades.

Beda dengan Kades, TP PKK Desa Sukadamai pada hari yang sama memilih untuk mendatangi Posyandu Ikatan Budi RT 01 RW 03 Petakur Bawah. Disana Ketua TP PKK Neneng Oktariani berinteraksi dengan ibu-ibu balita, dan ibu hamil (Bumil) yang kebetulan tengah berlangsung pemeriksaan Posyandu.

“ Hari ini kita bagikan masker buat balita dan Bumil, tujuan kita agar mereka tidak terpapar asap. Sebab asap yang cukup tebal menyelimuti sangat rentan menggangu kesehatan anak, apalagi ibu hamil,” kata Neneng.

Ia juga mengajak ibu-ibu agar menjaga anaknya untuk mengurangi aktifitas di luar rumah. Agar mencegah dampak yang ditimbulkan asap, ia menyarankan anak-anak diperbanyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.