Menuju Lansia Tangguh, DPPKB Rokan Hulu Gelar Pelatihan

275

PASIRPENGARAIAN – Dalam rangka mewujudkan orang tua lanjut usia (lansia) yang tangguh dan mewujudkan kesejahteraan keluarga lansia, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana ( DPPKB) Kabupaten Rokan Hulu melaksanakan pelatihan Bina Keluarga lansia (BKL) di Hotel sapadia.

Pelatihan ini berlangsung dua hari. Kamis-Jum’at (19-20 September 2019), dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu Abdul Haris.

“Pelatihan Bina Keluarga lansia ini laksanakan dua angkatan angkatan pertama pada tanggal 19 September 2019 dan angkatan ke-2 pada tanggal 20 September 2019 dengan jumlah peserta masing-masing sebanyak 148 orang, yang terdiri dari pengurus TP-PKK Kabupaten Rokan Hulu, TP-PKK Kecamatan Koordinator lapangan BPPKB Rokan Hulu, Ketua TP-PKK Desa Kampung KB, Bidan Desa Kampung KB, serta kader Bina Keluarga lansia.” jelas Kepala DPPKB, Yulisman M.M dalam laporannya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu Abdul Haris, menyampaikan ” untuk mencapai lansia tangguh diperlukan kesiapan keluarga secara khusus keluarga lansia itu sendiri atau keluarga yang mempunyai lansia dengan memberikan pengetahuan melalui kelompok kegiatan Bina Keluarga lansia.

Dimana kelompok kegiatan BKL ini merupakan wadah bagi lansia dan keluarga yang memiliki lansia yang berusaha meningkatkan kegiatan dan keterampilan dalam memberikan layanan perawatan dan pengakuan yang layak sebagai orang tua lansia yang tidak potensial dan meningkatkan kesejahteraan keluarga lansia, melalui kegiatan pemberdayaan pembinaan serta pengembangan potensi lansia.”

Adapun narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan itu yakni Kepala Bidang PS-KS perwakilan BKKBN Provinsi Riau Hj. Yasni S.IP dengan materi program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga. Kemudian Kasubbid Bina Keluarga Balita, Anak dan Ketahanan keluarga lansia, Tresnawati S.Sos dengan materi pengelolaan Bina Keluarga lansia. (Dan)