Motivasi Minat Menulis, Bappeda Rohul Gelar Rakor Sosbud dan SDM

822
Kantor Bappeda Kabupaten Rokan Hulu
Kantor Bappeda Kabupaten Rokan Hulu

PASIRPENGARAIAN – Dalam memotivasi untuk meningkatkan minat menulis di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Rabu (25/9/2019), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kelitbangan Bidang Sosial Budaya (Sosbud) dan Sumber Daya Manusia (SDM) di Aula Kantor Bappeda Rohul.

Rakor dalam rangka meningkatkan keterampilan dan pemahaman para penyelenggara bidang sosial budaya dan sumber daya manusia (SDM) itu, dibuka secara resmi oleh Kepala Bappeda Rohul Nifzar MIp melalui Kabid Litbang dan Pengendalian Pembangunan Nelson ST. Dengan peserta sebanyak 53  orang, dari utusan Tenaga Guru di jenjang pendidikan SLTP di 16 kecamatan se Rohul.

Dalam rakor tersebut, menghadirkan dua orang nara sumber yakni dari Balai Bahasa Provinsi Riau Yulita Fitriani dengan materi Strategi Penumbuhkembangan budaya menulis di kalangan siswa. Sedangkan M Amin dari Wartawan Senior Riau Pos dengan materi Menjadi Penulis.

Kepala Bappeda Rohul Nifzar MIp melalui Kabid Litbang dan Pengendalian Pembangunan Nelson ST kepada wartawan, Rabu (25/9/2019), menyebutkan, rakor Kelitbangan Bidang Sosbud dan SDM yang ditaja Bappeda Rohul, merupakan yang perdana.

Karena sangat penting dalam rangka melakukan validasi dan rekonsiliasi data bidang sektor sosial budaya dan SDM. Disamping meningkatkan semangat hobby menulis bagi para pelajar di Rohul. Karena kaitannya pada penyusunan program kegiatan  yang dimasukkan kedalam RPJMD Rohul kedepan.

Diakuinya, untuk rakor perdana ini, pihaknya lebih fokus untuk memberikan pemahaman kepada mejelis guru terutama SLTP se Rohul, terutama dalam membudayakan menulis atau karya ilmiah. Karena untuk saat ini, minat baca masyarakat terutama generasi muda Rohul masih kurang.

Sehingga dengan diterimanya ilmu dan pengetahuan tentang menulis, maka diharapkan majelis guru dapat memberikan semangat kepada para pelajar untuk gemar membaca dan menulis, sehingga dari hobby membaca itu, pelajar akan menyalurkan inspirasi, idenya dengan sebuah tulisan.

“ Alhamdulilah, untuk lomba menulis dan karya Ilmiah, para siswa Rohul banyak mengukir prestasi di tingkat Provinsi Riau. Makanya kita mendorong bagaimana minat baca generasi muda Rohul kedepan semakin tinggi, dari pelaksanaan Rakor ini mengundang majelis guru dengan diberikan pengetahuan, untuk membiasakan menulis, sehingga akan menambah semangat dari peserta didik untuk membaca,” katanya.

Nelson mengatakan, untuk memotivasi generais muda Rohul menjadi seorang penulis, direncanakan akan menggelar lomba karya tulis untuk umum dan pelajar, dalam rangka memeriahkan Hut ke 20 Kabupaten Rohul 12 Oktober mendatang.

Dalam pada itu, Narasumber M Amin dalam paparannya memotivasi para peserta Rakor untuk menjadi seorang penulis, disamping menjalankan profesinya sebagai seorang tenaga pengajar.

Disamping kiat-kiat dan trik menulis serta macam-macam jenis tulisan di media massa kepada puluhan guru SLTP. Amin menjelaskan, dalam dunia kepenulisan, yang terpenting sebenarnya, melakukan praktek menulis, tidak sekedar pemaparan teori saja. Tapi bakat menulis juga tak sepenuhnya menentukan.

“ Jadi kalau memang para majelis guru untuk berniat menulis, mulailah dari sekarang. Karena tidka ada teori kepenulisan yang benar-benar pas untuk masing-masing orang. Karena memiliki stylenya sendiri. Kita bisa saja mengikuti salah seorang tokoh penulis, tapi jangan sampai menyontek,” tuturnya.