Kembangkan Kearifan Lokal, Desa Sialang Jaya Menugal Bersama

77
Kades Sialang Jaya, Yuherman Daulay sedang menugal bersama masyarakat
Kades Sialang Jaya, Yuherman Daulay sedang menugal bersama masyarakat

PASIRPENGARAIAN – Masyarakat Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Jumat (27/09/2019) melaksanakan Menugal Bersama dilahan seluas satu hektar.

Menugal adalah kegiatan bercocok tanam padi ditengah hamparan tanah yang disediakan untuk berladang. Menugal merupakan tradisi masyarakat Kabupaten Rokan Hulu sejak nenek moyang terdahulu.

Kegiatan menugal dipimpin langsung oleh Kepala Desa Sialang Jaya, Yuherman Daulay dan diikuti perangkat Desa sampai ke perangkat RT dan puluhan masyarakat setempat.

Menugal atau menanam padi darat itu merupakan bagian dari tradisi gotong royong masyarakat Desa Sialang Jaya.

“ Menugal ini biasa kita lakukan setiap tahun. Tradisi ini dilakukan dengan menanam bibit padi diatas lahan secara bersama-sama,” tutur Yuherman.

Lanjut Yuherman, seusai Menugal, seluruh warga bersama-sama menghabiskan waktu makan bubur bersama sebagai bagian dari adat kebudayaan setempat.

“ Banyak pesan terkandung dalam kegiatan Menugal Bersama ini. Salah satunya adalah semangat bergotong royong yang menjadi kebiasaan masyarakat Sialang Jaya,” paparnya.

Kades berharap, agar adat tradisi tersebut dapat diteruskan secara turun temurun, dari yang tua kepada yang muda.

Adapun bibit padi yang ditanam adalah jenis Bunga Durian yang digolongkan sebagai Padi Darat atau Padi Gogo.

“ Kita membawa sekitar tiga kaleng bibit yang ditanam bersama-sama dengan seluruh masyarakat,” sebut Kades.

Kegiatan menugal ini juga menjadi kegiatan bersilaturahmi diantara penduduk. Dimana keluarga atau saudara dapat berkumpul bersama diwaktu dan tempat yang sama.

“ Alhamdulillah, kegiatan berjalan lancar dan sebagaimana direncanakan, kegiatan selesai sebelum masuk waktunya Jumatan,” tandasnya. (Dan)