Pemuda Desa Rambah Hilir Nobar Film G30SPKI

317

MUARARUMBAI – Mengenang peristiwa G30SPKI, pemuda Desa Rambah Hilir nonton bareng (Nobar) film G30SPKI dengan perangkat desa dan seluruh masyarakat. Sabtu (28/09/2019) 18.30 Wib di depan kantor camat Rambah Hilir.

Sebuah Film berjudul Pengkhianatan G30S PKI besutan sutradara Arifin C. Noer, produksi 1984 silam menjadi tontonan wajib saat rezim orde baru memimpin Indonesia.

Film yang berdurasi sekitar 4 jam 31 menit ini setiap tanggal 30 September malam ditayangkan serentak dilayar televisi dan lainnya. Namun, walaupun sempat menjadi perdebatan pemutaran pad tahun lalu, pemuda desa Rambah Hilir memiliki cara lain untuk memutar ulang film kekejaman PKI dimasa itu.

Bermodalkan spanduk bekas dan infocus projector, film diputar dari 18.30 – 22.31 wib. Puluhan bahkan ratusan masyarakat terlihat antusias untuk menonton ditengah kegelapan malam.

“ acara nobar ini kita buat dalam rangka memperingati peristiwa G30SPKI, yang kita harapkan adalah para masyarakat terutama para muda akan tahu bagaimana keji dan beringasnya PKI dimasa itu” ujar Aniz Kurniawan kepada Riausmart.com.

Aniz mengaku bahwa Nobar ini akan berkelanjutan disetiap malam minggunya. Untuk setiap minggunya para pemuda desa akan memutar film yang berbeda. Sehingga terkesan tidak membosankan. Hal ini mengingat kurangnya hiburan masyarakat di desa Rambah Hilir.

“ acara nobar ini telah mendapatkan persetujuan dari perangkat desa, bahkan kepala desa Rambah Hilir, Romi Juliandra, SE sangat mendukung kegiatan kami ini” jelas Aniz.

Aniz berharap persatuan pemuda di desa Rambah Hilir akan semakin tercipta dengan adanya agenda-agenda yang bermanfaat bagi masyarakat. (Dan)