Meriahkan HUT Rohul ke 20, H Sukiman Salurkan Bantuan 25 Juta

534
Usai memotong tumpeng, Bupati Rohul, H Sukiman memberikan sebagian nasi tumpeng kepada Kades Alahan, Heri Susanto
Usai memotong tumpeng, Bupati Rohul, H Sukiman memberikan sebagian nasi tumpeng kepada Kades Alahan, Heri Susanto

PASIRPENGARAIAN – Meski puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) masih beberapa hari lagi, namun kemeriahan HUT Rohul sudah mulai dilaksanakan. Terbuk pada Rabu (9/10/2019) pagi, Bupati Rohul, H Sukiman didampingi Bunda PAUD Kabupaten Hj Peni Herawati Sukiman berkunjung ke Desa Alahan, Kecamatan Rokan IV Koto.

Dalam kunjungan itu, banyak kegiatan dilaksanakan mulai dari senam bersama warga, pengukuhan pengurus Karang Taruna Teratai Indah Desa Alahan masa bakti 2019-2024. Selain itu, H Sukiman juga menyalurkan bantuan Rp 25 Juta.

Hadir pada acara tersebut, Sekda Rohul H Abdul Haris SSos MSi didampingi Ketua DWP Hj Nety Herawati Haris, sejumlah Kepala Dinas, Badan dan Kantor organisasi perangkat daerah (OPD) Rohul, Camat Rokan IV Koto, Drs Abror beserta Upika, Camat Pendalian IV Koto, Afkar SSos, sejumlah kepala desa tetangga, ninik mamak, tokoh masyarakat desa setempat.

Bupati Rokan Hulu, H Sukiman dalam sambutannya berjanji akan mengupayakan pengaspalan jalan lingkar Desa Alahan masuk dalam APBD perubahan Kabupaten Rohul tahun 2020.

Sedangkan, permintaan pembangunan lembaga pendidikan SD, Bupati menyarankan kepala desa membuat pengajuan resmi ke Bupati melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahrga (Disdikpora) Kabupaten Rohul.

“Pemerintah desa bisa membuat pengajuan ke Bupati melalui dinas, nanti akan kita perjuangkan untuk tahun 2020,” tutur Sukiman.

Sedangkan bantuan untuk masjid, Mantan Dandim Indragiri Hilir itu menyalurkan bantuan sebesar 25 juta. Dia berharap, nantinya pembangunan masjid berjalan sesuai dengan harapan bersama, sehingga masyarakat aman dan nyaman untuk beribadah.

“InsyaAllah apa yang kita cita-citakan bisa berjalan, kuncinya masyarakat harus kompak meningkatkan jiwa kegotong-royongan, sehingga pembangunan desa berjalan dengan baik,” pinta Sukiman.

Ditempat yang sama, Kades Alahan, Heri Susanto menyampaikan sejarah singkat berdirinya Desa Alahan yang merupakan hasil pemekaran dari Desa Lubuk Bendahara pada tahun 2007 lalu. Dimana dalam perjalanannya secara bertahap pembangunan terus dilakukan, sehingga saat ini desa Alahan mengalami perubahan cukup signifikan.

Meski demikian, kata Heri, masih banyak pembangunan di desanya yang belum tercapai seperti pengaspalan jalan lingkar desa yang tidak dapat dibangun menggunakan dana desa (DD) ataupun ADD. Sebab itu, ia menitip aspirasi pembangunan jalan lingkar desa sepanjang 1,5 Kilometer (KM) ke Bupati Rohul, agar nantinya bisa diperjuangkan.

“Kami berharap pak Bupati bisa membantu kami mengaspal jalan lingkar, kalaupun tidak dapat seluruhnya, sepanjang 1 KM, juga kami terima,” harap Heri.

Kemudian, masyarakat Desa Alahan juga meminta kepada Pemkab Rohul untuk membangun sarana gedung sekolah dasar yang belum ada sampai saat ini.

“Desa ini sudah berdiri kurang lebih 12 tahun, tapi belum ada memiliki sarana pendidikan, masyarakat kami berharap nantinya pak Bupati juga memberikan jalan, agar desa kami ini memiliki sekolah minimal sekolah dasar,” jelas Heri bahwa pihaknya sudah memiliki lahan untuk pembangunan sekolah nantinya.

Dalam rangka mendukung program gemar membaca khususnya di Desa Alahan, dirinya juga berharap agar pemerintah daerah mendirikan satu perpustakaan desa.

“Kemudian, saya juga mendapatkan amanah dari Ketua Pembangunan Masjid Al Amin Desa Alahan yakni bapak Ayatullah Kumaini yang juga anggota DPRD Rohul terpilih Dapil IV. Berharap ada suntikan bantuan pemerintah daerah untuk kelanjutan pembangunan masjid.

Diakhir acara Bupati Rohul H Sukiman juga merayakan hari jadi Kabupaten Rokan Hulu ke 20 tahun 2019, yang ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Bupati Rohul dan diserahkan kepada Kepala Desa (Kades) Alahan, Heri Susanto.