MHQ ke 5 tingkat ASEAN, Siswa SMPN dan MA Tahfidz Asal Rohul Harumkan Riau

840

PASIRPENGARAIAN – Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Tahfidz dan Madrasah Aliyah (MA) Tahfidz Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), mengharumkan nama Provinsi Riau dalam acara Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ) ke 5 tingkat ASEAN tahun 2019 yang dipusatkan di Pondok Pesantren (Ponpes) Darunnajah Jakarta 4-7 Oktober lalu.

4 (empat) Qori asal Kabupaten Rokan Hulu terbaik itu, mengukir prestasi dengan membawa nama baik Provinsi Riau, yang meraih Juara di cabang Hafiz Quran pada MHQ ke 5 tingkat ASEAN di Jakarta.

Qori yang mengukir prestasi itu diantaranya, Dzaki Ghatfan, meraih Juara 3 Cabang Tahfiz 5 Juz, Habli Rahman, meraih Juara 3 untuk Cabang Tahfiz 15 Juz, Hafiz Alkhair, meraih Juara 5 Cabang Tahfiz 20 Juz dan Bintang Fadillah Putra Utama meraih Juara 5 Cabang Tahfiz 25 Juz.

Atas prestasi yang ditorehkan siswa SMP dan MA Tahfiz Rohul itu, Bupati Rokan Hulu H Sukiman atasnama pemerintah daerah mengaku bangga dengan prestasi yang diraih oleh Qori asal Rohul dalam pelaksanaan MHQ ke 5 ASEAN.

Diakuinya, siswa SMPN Tahfiz dan MA TAhfiz Rohul selama ini telah banyak mengukir prestasi dalam mengikuti lomba STQN maupun MTQ tingkat Provinsi dan Nasional bahkan di ASEAN.

“Kita mengucapkan terimakasih kepada Majelis guru SMPN Tahfidz dan MA Tahfidz Rohul yang telah membimbing peserta didik untuk menghafal alquran. Tentu berkat kegigihan dan latihan yang dilakukan oleh pihak sekolah dan provinsi, Qori asal Rohul mengukir prestasi Juara di MHQ ke 5 ASEAN tahun 2019,” tuturnya.

Dia berharap, prestasi yang diraih qori asal Rohul itu, tahun mendatang lebih ditingkatkan lagi. Karena Rokan Hulu salah satu pencatak Hafiz Quran di Provinsi Riau, dengan adanya SMP dan MA TAhfiz Rohul.

“Kita cukup bangga, siswa SMPN Tahfidz dan MA Tahfidz Rohul telah mengharumkan nama baik Provinsi Riau dan Kabupaten Rohul di kancah Nasional dan ASEAN, kedepan prestasinya semakin ditingkatkan,” ujarnya.

Kepala MA Tahfidz Rohul Syukron Jamil SPdI menyebutkan, pada lomba MHQ ke 5 tingkat ASEAN yang dipusatkan di Ponpes Darunnajah Jakarta tahun 2019, 5 Hafiz yang merupakan siswa SMP Tahfiz dan MA Tahfidz Rohul masing masing meraih Juara.

Sebelum mengikuti MHQ, kelima Hafiz Rohul itu  mengikuti seleksi untuk mencari juara yang diutus dalam lomba MHQ ke 5 Tingkat Provinsi Riau dan Kepri 24-27 Agustus lalu di Kota Dumai dengan peserta ratusan dari berbagai Ponpes di Provinsi Riau dan Kepri.

Karena bagi peserta yang meraih Juara I, akan  diutus untuk mewakili provinsi mengikuti MHQ ke 5 tingkat ASEAN di Jakarta. Dari hasil seleksi itu kelima siswa SMPN Tahfidz dan MA Tahfidz masing-masing meraih Juara I Cabang Tahfiz 5 Juz, 15 Juz, 20 Juz dan 25 Juz.

“Alhamdulilah, hasil seleksi di Dumai, kelima siswa SMPN Tahfidz dan MA Tahfidz Rohul masing masing meraih Juara I dari Cabang Tahfiz yang diperlombakan, sehingga diutus untuk mengikuti MHQ ke 5 tingkat ASEAN di Ponpes Darunnajah Jakarta,” ujarnya.

Dari Lomba MHQ ke 5 tingkat ASEAN kemarin, lanjutnya, kelima utusan Rohul mewakili Provinsi Riau serta Provinsi Kepri, hasinya hanya 4 qori yang meraih Juara  diantaranya Dzaki Ghatfan meraih Juara 3 Cabang Tahfiz 5 Juz, Habli Rahman meraih Juara 3 untuk Cabang Tahfiz 15 Juz.

Kemudian Hafiz Alkhair  meraih Juara 5 Cabang Tahfiz 20 Juz dan Bintang Fadillah Putra Utama meraih Juara 5 Cabang Tahfiz 25 Juz dan Nuraini Cabang 5 Juz Putri belum meraih Juara.

Syukron mengaku prestasi siswa SMPN Tahfidz dan MA Tahfidz Rohul yang membawa nama Provinsi Riau dan Kepri  itu, cukup membanggakan bagi sekolah. Karena MA Tahfidz Rohul yang baru beroperasi tiga tahun dapat menghasilkan lulusan hafal 30 Juz.

Dijelaskan Syukron, atas prestasi yang diraih pada MHQ ke 5 tingkat ASEAN,  kelima Hafidz asal Rohul itu mendapatkan tropi dan uang pembinaan.

“Siswa Tamatan MA Tahfidz Rohul, mereka hafal alquran 30 Juz. Tentu ini akan memotivasi bagi masyarakat khususnya Rokan Hulu umumnya Provinsi Riau untuk memasukkan anak didiknya ke SMPN dan MA Tahfidz Rohul,” ujar Syukron yang juga Mengajar Tahfidz di SMPN Tahfiz Rohul.

Dia berharap adanya perhatian dan dukungan Pemkab Rohul dalam hal sarana dan prasarana serta penunjang pendidikan di SMPN Tahfidz dan MA Tahfidz Rohul yang nantinya mencetak hafidz dan Hafidzah di daerah yang di Juluki Negeri Seribu Suluk.

Karena sampai saat ini belum memiliki Gedung sekolah tempar belajar peserta didik yang sekarang hanya menumpang di Convention Hall Islamic Center Rohul.