Akhir Oktober, Rohul Tuan Rumah HSN Tingkat Provinsi Riau

723
Rapat persiapan pelaksanaan Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke IV tingkat Provinsi Riau pada 26-27 Oktober 2019
Rapat persiapan pelaksanaan Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke IV tingkat Provinsi Riau pada 26-27 Oktober 2019

PASIRPENGARAIAN – Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke IV tingkat Provinsi Riau pada 26-27 Oktober mendatang.

Panitia HSN 2019 terus melakukan pematangan persiapan. Agenda akbar ini nantinya akan dihadiri pejabat tinggi daerah mulai dari Gubernur, Wakil gubernur, Bupati dan Walikota, Kakanwil Kemenag Riau, Pimpinan Pondok Pesantren, juga ribuan santri tersebar di 12 kabupaten/kota Provinsi Riau.

Ketua Panitia HSN Provinsi Riau ke IV tahun 2019, Ahmad Siregar SPdI dikonfirmasi via selulernya, Kamis (10/10/2019) mengatakan, bahwa dari hasil rapat Kakan Kemenag bersama FKPP dan panitia pelaksana, Selasa kemarin, membahas beberapa hal terkait persiapan HSN ini. Diantaranya, jadwal HSN ke IV tingkat provinsi dilakasanakan pada, Sabtu hingga Ahad (26-27) Oktober mendatang.

Dalam rapat tersebut dihadiri Kabid Pakis Kanwil Kemenag Riau, Drs H Fairus MA, Kakan Kemenag Rohul, Drs H Syahrudin MSy, Sekretaris FKPP Riau, Ali Mukhlisin, Perwakilan Sekda Rohul, Plt Kadis Perikanan dan Perkebunan, Sri Hardono, Kabag Kesra Umzakirman, Ketua FKPP Rokan Hulu, H Abdul Muiz, Kepala Subbag TU Kemenag Rohul, H Zulkifli Syarif Sag MPdI, Kasi Pendis H Rusli Sag MSy dan Ketua Panitia HSN, Ahmad Siregar SPdI serta seluruh pengurus Ponpes se Rohul.

Ahmad Siregar yang juga sebagai Sekretaris FKPP Rohul ini juga menerangan, terkait teknis tempat pelaksanaan juga sudah ditentukan. Dihari pertama, Sabtu (26/10), akan dilaksanakan Sholawatan dan tabligh Akbar di Masjid Agung Islamic Center (MAIC) Rohul.

Kemudian di hari kedua, Ahad (27/10/2019), upacara HSN sekaligus pembacaan Ikrar Anti Narkoba bertempat di Halaman Kantor Bupati Rokan Hulu.

“Peringatan HSN ke IV tingkat Provinsi Riau tahun 2019 mengusung tema “Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia dan Anti Narkoba,” jelas Ahmad.

Sejalan dengan tema tersebut, kata Pimpinan Ponpes Daarul Quran Darussalam itu mengajak segenap lapisan masyarakat, Ormas Islam, OKP, tokoh agama, pendidikan, pimpinan kecamatan, desa serta segenap unsur kecamatan dan desa, untuk ikut berpartisifasi meramaikan agenda akbar tersebut.

“Mari kita bersinergi, bersatu-padu di tengah tengah keberagaman dan corak masyarakat kita. Kita tunjukkan, bahwa di tengah keberagaman dan perbedaan, kita mampu bersatu untuk menciptakan perdamaian,” ajaknya.

Ahmad mengutarakan, Rokan Hulu dikenal dengan julukan Seribu Suluk,  nuansa agama sangat kental di Negeri Seribu Suluk ini. Sejalan dengan itu, ia juga mengajak masyarakat Rohul buktikan kepada tamu-tamu yang hadir dari 11 kabupaten-kota, bahwa daerah ini memiliki masyarakat yang damai dan bersahabat.

Ditanya terkait biaya operasional kegiatan HSN Provinsi Riau tersebut, Ahmad bersyukur diberikan kemudahan oleh Allah SWT. Dimana Pemerintah daerah dibawah kepemimpinan H Sukiman berkomitmen penuh, membuka jalan seluas-luasnya agar kegiatan ini sukses.

“Alhamdulillah, pak Bupati H Sukiman memberi suport penuh untuk kegiatan HSN ini. Sebab, suksesnya agenda akbar ini merupakan marwah bagi daerah,” kata Ahmad.