Api Dapur Tak Padam Semua, 1 Unit Rumah Hangus Terbakar

332

MUARARUMBAI – Akibat lupa mematikan api dapur keseluruhan, Sebuah rumah full papan habis dilahap sijago merah. Jumat (11/10/2019) pada 00.25 WIB

Nasib malang tidak dapat dielakkan oleh Anwar (65), seorang duda cerai ini harus rela rumahnya dilahap api ditengah malam tadi.

Menurut pengakuan korban, tepat pukul 12 siang sebelumnya, Uwar memasak di dapur kayu yang tidak tersambung langsung dengan rumah. namun, ia tidak dapat memastikan bahwa bara api itu telah dipadamkan semua.

Anwarpun pergi kerumah saudara yang terletak tidak jauh dari kediamannya.

sekitar pukul 21.25 WIB, uwarpun pulang dan langsung tidur. ditengah malam, Uwar merasa kepanasan dan melihat setengah rumahnya telah habis dilahap api. melihat kondisi yang begitu mencekam, Uwarpun berteriak dan meminta tolong kepada warga setempat.

warga yang mendengar langsung menghampiri rumah uwar yang hampir seluruhnya telah dimakan api. namun melihat api yang begitu besar, wargapun tidak dapat berbuat banyak.

karena bahan rumah Uwar yang berbahan papan, hal ini mempermudah api menghangus lantakkan keseluruhan harta benda yang berada di dalamnya.

walaupun sempat menelpon Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hulu untuk mendapatkan pertolongan, namun Damkar baru tiba tepat pukul 01.00 WIB. sehingga rumah telah hangus keseluruhan tanpa sisa sedikitpun.

ketika api habis dipadamkan, korban hanya mampu menyelamatkan celana pendek yang terpakai, Al-quran dan sajadah.

untuk sementara, Korban menginap dirumah salah satu saudaranya yang tinggal tidak jauh dari rumahnya yang terbakar.

“kalau dilihat dari wajahnya, pak uwar terlihat terpukul,mengingat rumah inilah satu-satunya tempat pendiamannya” jelas Suhardi SE selaku Kades Sejati kepada Riausmart.com.

untuk saat ini, Kades Sejati Suhardi SE beserta anggota DPRD kabupaten Rokan Hulu, Rusli SAg telah memberikan bantuan berupa uang kepada korban. selain itu, warga setempat yang merasa iba juga turut menyumbangkan pakaikan layak pakai kepada Duda sebatang kara tersebut.

“Untuk saat ini, kami telah mengkonfirmasikan kejadian ini ke Dinas Sosial, BAZNAS, dan pihak lain untuk membantu korban” jelas Suhardi.

Suhardi juga berencana akan mengumpulkan pemuda desa sejati untuk mengumpulkan derma pada hari besok.

” kita juga akan kerahkan pemuda besok untuk mengutip derma dijalan. hal ini untuk membantu perekonomian korban yang sebatang kara” jelas Suhardi.

Ditempat yang sama, Anggota DPRD kab Rohul, Rusli SAg juga memberikan komentat terkait musibah tersebut.

” kita juga telah mendapatkan persetujuan dari BAZNAS Rohul untuk mendapatkan Rumah Layak Huni ditahun depan” jelas Rusli.

Rusli juga berharap dengan adanya peristiwa ini, pemerintah Rohul dapat memberikan mobil Pemadam Kebakaran kepada setiap desa yang ada dikabupaten Rokan Hulu. Sehingga setiap peristiwa kebakaran tidak perlu menunggu DAMKAR yang terletak di Pasir Pengaraian.

“Ya, kami harapnya seperti itu., sehingga kalau menunggu Damkar yang jauh, rumahpun keburu habis dilahap api” Jelas Rusli ke Riausmart.com. (dan)