Meriahnya HUT Rohul ke 20 Dengan Penampilan Berbagai Budaya

45

PASIRPENGARAIAN – Dihari jadi ke 20, pemerintah daerah Kabupaten Rokan Hulu mengadakan Upacara bersama di Lapangan Kantor Bupati Rohul. Sabtu (12/10/2019).

Pemerintah Daerah mengangkat tema dengan hari jadi Kabupaten Rokan Hulu ke 20, kita siapkan manusia unggul dan tingkatkan semangat serta spirit. Membangun desa menata kota untuk meraih daerah yang bermarwah, Menuju Rokan Hulu berbudaya, maju merata dan sejahtera.

Turut hadir, bupati Rohul, H Sukiman, gubernur riau, Edy Nattar Nasution, ketua DPRD Rohul, Nofliwanda Ade Putra, Kejari, Freddy Daniel Simanjuntak, kapolres, AKBP Dasmin Ginting, kalapas kelas II B, muhammad Lukman, ketua LAM Rohul, H Zulyadaini, Sekda, Abdul Haris, perwakilan Dandim, kapten Inf yuhardi, seluruh kadis rohul, ulama, datuk adat, seluruh kades dan siswa SMA serohul.

terlihat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Pemda Rohul menampilkan Pemanis acara berupa beberapa bentuk kesenian Rokan Hulu yang Masyarakatnya hitorogen. diawal persembahan, tampil Gondang brogong berasal dari suku melayu, selanjutnya suku Mandailing yaitu tari tor-tor, dari suku Jawa juga menampilkan reog Ponorogo dan dari suku sunda menampilkan kuda lumping, ditutup dengan tari piring dari Sumatera Barat.

Diawal kata, Sukiman mengucapkan selamat atas HUT Rokan Hulu yang ke-20 tahun.

“dengan bertambahnya umur Rokan Hulu yang ke 20, tentunya ini mengingatkan kita bahwa Kabupaten Rokan Hulu sudah cukup dewasa” jelas Sukiman

setelah berpisah dari kabupaten Kampar sekitar 20 tahun lalu, membuat Rokan Hulu harus mandiri dengan kewenangan pemerintahan daerah sendiri.

“20 tahun adalah waktu panjang yang telah kita lewati, bekerja sama dalam membangun dan menjadikan kabupaten Rokan Hulu sebagai Kabupaten kebanggaan masyarakat” Jelas Sukiman

pada momentum hari jadi Rohul ini, Pemerintah Daerah mengajak seluruh elemen masyarakat untuk kembali bermuhasabah. Mempertahankan hal yang baik dan memperbaiki segala kekurangan.

“Mari kita membangun semangat kebersamaan seirama dan saling menguatkan satu sama lain” lanjut Sukiman.

Bupati Rokan Hulu itu juga menyampaikan bahwa perekonomian Rokan Hulu terbilang meningkat dari sebelumnya. Tidak hanya itu, Tingkat pengangguran juga mengalami penurunan, Dimana pada tahun 2016 tingkat pengangguran tercatat 7,2%, Menurun menjadi 6,7 pada tahun 2017.

Bupati mantan TNI itu juga mengingatkan kepada seluruh elemen masyarakat untuk mengingat dan mengenang tokoh Rokan Hulu. Karena para tokoh telah berjuang menjadikan Rokan Hulu sebagai kabupaten yang berdiri sendiri.

“Hal ini kiranya pantas kita ucapkan terima kasih dan sampaikan penghargaan mengingat jasa, perjuangan dan usaha yang telah beliau ukir. Sehingga kita dapat pula berkarya dan berbuat untuk Kabupaten Rokan Hulu kedepan” lanjut Sukiman.

Sudah seharusnya, bagi seluruh yang tergabung sebagai pemerintahan legislatif maupun eksekutif, Berbagai elemen dan komponen yang ada di tengah masyarakat memiliki kewajiban untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan pendiri Rokan Hulu terdahulu. Tentunya dengan pembangunan sesuai dengan bidang masing-masing.

sesuai dengan visi dan misi Rokan Hulu, yang termuat dalam semboyan membangun desa menata kota. Maka tentunya visi ini mengandung sebuah tekad yang menjadikan modal pembangunan di Kabupaten Rokan Hulu.

dengan harapan dari waktu ke waktu Kabupaten Rokan Hulu ini terus maju Dan dari masa kemasa masyarakatnya bertambah sejahtera.

“Selamat hari jadi Rokan Hulu ke-20 semoga Allah subhanahu wa ta’ala senantiasa meridhai segala usaha kita semua amin” Tutup Sukiman.

Ditempat yang sama, Wakil Gubernur Riau yang kebetulan orang asli Rohul, Edi Natar Nasution juga mengucapkan selamat hari jadi atas Rokan Hulu ke 20.

“Dibawah pemerintahan bupati saat ini kita berharap Pemerintah daerah dapat bekerjasama dengan pemerintah Provinsi dan masyarakat untuk memajukan Kabupaten yang kita cintai ini” jelas Edi Natar.

Edi Natar juga berbangga hati atas kinerja bupati Rokan Hulu yang membangun Rokan Hulu sehingga dapat menjadi Kabupaten yang maju.

Wakil Gubernur Riau juga berharap agar pemerintah Rohul senantiasa membangun SDM yang berkualitas, sehingga Rohul memiliki generasi penerus daerah. (dan)