Pemkab Rohul Suport Penuh Biaya Kegiatan HSN Tingkat Provinsi Riau

74
Rapat persiapan HSN tingkat Provinsi Riau ke IV di Pendopo Rumah Dinas Bupati Rohul.
Rapat persiapan HSN tingkat Provinsi Riau ke IV di Pendopo Rumah Dinas Bupati Rohul.

PASIRPENGARAIAN – Pelaksanaan Hari Santri Nasional (HSN) tingkat Provinsi Riau yang dipusatkan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) pada 26-27 Oktober 2019 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohul sangat mendukung penuh seluruh biaya kegiatan selama berlangsung.

Hal tersebut disampaikan Pemkab Rohul dalam rapat, Kemenag Rohul, FKPP Kabupaten Rokan Hulu, serta seluruh panitia penyelenggara HSN ke IV tingkat Provinsi Riau di Pendopo Rumah Dinas Bupati Rohul, Pasirpengaraian, Jumat (11/10/2019) petang.

Wujud keseriusan pemerintah daerah mensukseskan perhelatan akbar ini, seluruh biaya yang berkenaan dengan penyelenggaran HSN 2019 ini di suport penuh Pemkab Rohul. Mulai dari tempat, penginapan santri/wati yang diperkirakan mencapai 10 ribu orang, penginapan pimpinan pondok pesantren (Ponpes) dari 11 kabupaten/kota, sampai biaya konsumsi seluruh peserta.

Hadir pada Rapat tersebut, Kakan Kemenag Rohul, Drs H Syahrudin MSy, Perwakilan Sekda Rohul Plt Kadis Perikanan dan Perkebunan Sri Hardono, Kabag Kesra Umzakirman, Ketua FKPP Rokan Hulu, H Abdul Muiz, Kepala Subbag TU Kemenag Rohul H Zulkifli Syarif SAg MPdI, Kepala Disdikpora, Drs H Ibnu Ulya MSi, Kasi Pendis Kemenag Rohul, H Rusli SAg MSy dan Ketua Panitia HSN, Ahmad Siregar SPdI serta seluruh pengurus Ponpes se Rohul, bahkan sejumlah pengurus Ormas Islam juga tampak hadir.

Ketua Panitia HSN Provinsi Riau ke IV tahun 2019, Ahmad Siregar SPdI dikonfirmasi via selulernya membenarkan, bahwa terkait teknis persiapan panitia sudah mencapai 100 persen. “Alhamdulillah, Pemkab Rohul bersedia membantu seluruh biaya dan keperluan pada acara ini nantinya,” papar Ahmad.

Ahmad Siregar yang juga pimpinan Ponpes Daarul Quran Darussalam ini mengutarakan, perkiraan peserta yang hadir berjumlah 10 ribu orang berasal dari 280 Ponpes se Riau.

Pemerintah daerah, lanjut Ahmad, sudah memberikan fasilitas aula kantor dinas, serta mendirikan tenda di pelataran Masjid Agung Islamic Center (MAIC) khusus bagi santri/wati, sedangkan pimpinan ponpes memanfaatkan fasilitas hotel kerjasama dengan pemerintah daerah.

“Bukan hanya itu konsumsi peserta juga ditanggung, kami sangat bangga dengan perhatian Bupati Rohul, H Sukiman. Sebab, kami merasakan pak bupati sangat berkeinginan besar HSN ini menjadi catatan sejarah, bahwa Rohul mampu menjadi tuan rumah terbaik, InsyaAllah,” ucap Ahmad.

Agenda HSN tingkat provinsi ini berlangsung selama 2 hari, Sabtu hingga Ahad (26/27) Oktober 2019. Diawali dengan Shalawatan Nabi Besar Muhammad SAW, lanjut Sabtu malam diisi dengan Tabligh Akbar oleh penceramah kondang Miftah Maulana Habiburrahman atau lebih dikenal dengan Gus Miftah, seorang ulama, da’i, dan pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji di Sleman, Yogyakarta.

Puncak acara pada Ahad (27/10/2019), digelar upacara yang direncanakan menjadi Inspektur Upacara (Irup) Gubernur Riau, H Syamsuar MSi. Pembaca Resolusi Jihad, Kyai Syuhada Pimpinan Ponpes Babussalam, Tandun. Petugas upacara juga berasal dari Ponpes Darussalam.

Upacara ini nantinya tidak sama dengan upacara hari peringatan pada umumnya, dimana pembawa acara akan menggunakan 3 bahasa. Pertama Bahasa Inggris dibawakan oleh Iqbal Irnanda, Bahasa Arab dibawa oleh Yola Violanda Fransiska, dan Rahmadi akan membacakan teks berbahasa Indonesia.

“Ketiganya merupakan santri dan santriwati Ponpes Daarul Quran Darussalam, Bukit Intan Makmur (BIM), Kecamatan Kunto Darussalam,” tutupnya.