Tim UPP Lakukan Pelatihan dan Pembuatan KRPL di Panti Asuhan Al-Khairiyah

145
Tim UPP Lakukan Pelatihan dan Pembuatan KRPL di Panti Asuhan Al-Khairiyah
Tim UPP Lakukan Pelatihan dan Pembuatan KRPL di Panti Asuhan Al-Khairiyah

PASIRPENGARAIAN – Tim Universitas Pasir Pengaraian (UPP) melakukan pelatihan dan pembuatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Panti Asuhan Al-Khairiyah Pasirpengaraian, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Jumat (12/7/2019).

Program pelatihan dan pembuatan KRPL itu merupakan konsep lingkungan yang mengusahakan pekarangan secara intensif untuk dimanfaatkan menjadi sumber pangan secara berkelanjutan dengan mempertimbangkan aspek potensi wilayah dan kebutuhan gizi warga setempat.

Tim UPP, Al Muzafri MSi didampingi Nurul Afifah MPd kepada Riausmart.com, Selasa (15/10/2019) melalui press relasenya mengatakan, bahwa melaksanakan kegiatan KRPL di Panti Asuhan Al-Khairiyah Pasirpengaraian, itu di danai oleh Kemenristek Dikti.

“ Panti Asuhan Al-Khairiyah memiliki 27 anak asuh yang semuanya masih berstatus pelajar, Anak asuh terdiri dari 9 orang, yang sedang pendidikan di Sekolah Dasar 7 orang, sedang mengenyam pendidikan di Sekolah Menengah Pertama dan 11 orang anak sedang mengenyam pendidikan di Sekolah Menengah Umum,” tuturnya.

Lanjut Dosen Agroteknologi dan Dosen Pendidikan Biologi itu, dengan dilaksanakannya program KRPL itu diharapakan anak Panti Asuhan Al-Khairiyah memiliki kesempatan belajar bercocok tanam serta mampu menyediakan beberapa bahan pangan sendiri di sekitar pekaranagan panti asuhan.

“ Kami berharap, setelah dilakukan pelatihan ini, anak Panti Asuhan hendaknya mampu belajar bercocok tanam dan mampu menyediakan beberapa bahan pangan dengan sendirinya di sekitar pekarangan panti asuhan,” jelasnya.

Al Muzafri dan Nurul Afifah mengakui, Program KRPL itu juga menyediakan pengembangan bibit buah dan sayur dengan harapan mampu dilaksanakan secara continue untuk memberikan nilai ekonomi pada panti asuhan Al-Khairiyah.