Akses Produksi Pertanian Lancar, Pemkab Rohul Bangun Ruas Jalan Perkebunan

368

PASIRPANGARAIAN – Demi kelancaran produksi hasil pertanian dan membangitkan ekonomi masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) kembali membangun ruas jalan perkebunan di empat Desa yang ada di Rohul.

Pembangunan ruas jalan produksi pertanian tersebut diantaranya, Desa Mahato, Kecamatan Tambusai Utara, Desa Ujungbatu Timur, Kecamatan Ujungbatu, Desa Kepenuhan Hulu, Kecamatan Kepenuhan Hulu dan Desa Marga Mulya, Kecamatan Rambah Samo.

Plt Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnak‎bun) Rohul, Ir H Sri Hardono MM, melalui Kepala Bidang Prasarana, Sarana dan Penyuluhan Disnakbun Rohul, Samsul Kamar SHut MSi mengatakan pembangunan empat jalan produksi pertanian ini adalah kelanjutan dari kegiatan sebelumnya, melalui anggaran APBD Rohul tahun 2019.

“Karena memang jalan produksi pertanian ini dibutuhkan masyarakat, apalagi sebagian besar masyarakat Rokan Hulu merupakan petani perkebunan,” jelas Samsul yang dilansir dari Riauterkini.com, Rabu (16/10/2019).

Lanjut Samsul, Panjang ruas jalan produksi pertanian yang dibangun rata-rata sepanjang 1 kilometer. Sedangkan di Desa Kepenuhan Hulu panjang jalan dibangun yaitu 1,8 kilometer, dengan lebar rata-rata 6 meter.

Selain itu, sambung Samsul, Disnakbun Rohul juga tengah mengusulkan‎ untuk pembangunan jalan produksi pertanian di APBD Rohul tahun 2020 mendatang sepanjang 25 kilometer. Samsul mengungkapkan, upaya yang dilakukan Pemkab Rohul ini bertujuan untuk mempermudah transportasi, sehingga masyarakat petani mengeluarkan hasil produksi dari kebunnya.

“Dengan dibangunnya jalan ini, untuk mengurangi biaya produksi petani, mengingat harga TBS kelapa sawit belum bagus sampai saat ini, sementara pemerintah tidak bisa mengendalikan harga tersebut,” papar pria yang pernah menjabat Sekretaris DKPP Rohul itu.

Samsul berharapa, dengan telah dibangunnya ruas jalan produksi itu, ekonomi petani semakin meningkat dan lebih baik lagi ke depannya. “ Kami berharap ekonomi masyarakat semakin meningat dan lebih baik lagi ke depannya,” ujarnya.