Mainan Anak Jaman Dulu Penuh Kenangan

1708
Salah satu permainan jaman dulu, Kelereng atau gundu
Salah satu permainan jaman dulu, Kelereng atau gundu

PASIRPENGARAIAN – Mengisi akhir pekan atau hari libur lainnya paling asyik bila dilakukan bersama teman-teman. Waktu berjalan cepat dan tak terasa dengan melakukan berbagai permainan.

Masih ingatkah Anda dengan mainan jaman dulu, yang sering membuat kita lupa waktu dan kena marah ayah ibu karena sudah sore namun belum kembali ke rumah. Anak jaman sekarang tidak akan pernah tahu asyiknya main beramai-ramai bersama teman sepulang sekolah.

Menurut Ardi (25) salah seorang warga Pasirpengaraian, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Ahad (20/10/2019) mengatakan, bahwa ada beragam mainan jaman dulu yang begitu populer dan menjadi favorit anak-anak untuk bermain. Dari kelereng yang bisa dibeli, hingga mainan yang dibuat sendiri dari kayu atau pelepah pisang. Bahkan main di sungai beramai ramai pun sudah senang hati rasanya.

“ Berbeda dengan mainan anak jaman sekarang yang mahal, harga mainan jaman dulu cenderung murah meriah, bahkan ada banyak permainan jaman dahulu tidak memerlukan biaya sama sekali. Cukup menggunakan bahan dan alat seadanya, sudah bisa bermain dengan seru. Sisi imajinasi dan kreasi anak pun jadi terasah dengan baik,” tuturnya.

Ardi mengakui mainan anak jaman dulu selain untuk mengisi waktu bersama teman-teman dalam permainan tersebut juga ada hikmah dan manfaat yang diambil, diantaranya kekompakan, keseriusan dan masih banyak hal yang positif yang bias diambil.

Kata Ardi, permainan anak jaman dulu yang sudah mulai hilang diantaranya yaitu, lompat tali, petak umpet, gasing, laying-layang, congklak, kelereng dan mainan yang lainnya.

“Pengen rasanya saya ngajak teman-teman untuk bermain permainan jaman dulu, rasanya mainan jaman dulu sangat mengasikkan dan sangat menunjukkan kekompakan,” jelas Ardi.