20 Tahun Kabupaten Rohul, Akhir Oktober Fakultas Ekonomi UPP Akan gelar Diskusi Publik

1323
Poster informasi pelaksanaan Diskusi Publik tentang 20 Tahun Kabupaten Rokan Hulu
Poster informasi pelaksanaan Diskusi Publik tentang 20 Tahun Kabupaten Rokan Hulu

PASIRPENGARAIAN – Menindaklanjuti Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), kategori miskin nomor 1 di Provinsi Riau, Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian (UPP), akhir Oktober 2019 Gelar Acara Diskusi Publik.

Pernyataan tersebut disampaikan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Arrafiqur Rahman SE MM kepada Riausmart.com, Senin (21/10/2019) siang.

“Iya, pada Oktober ini kita akan melaksanakan Diskusi Publik dengan tema “20 Tahun Kabupaten Rokan Hulu, Masihkah Kita Miskin?,” paparnya.

Arrafiq mengatakan, dengan usia kabupaten Rohul yang sudah mencapai 20 tahun itu, tentunya perlu di diskusikan dan evaluasi sudah sejauhmana pencapaian dan apa-apa saja yang menjadi masalah serta hambatan dalam kemajuan pembangunan di Negeri Seribu Suluk ini.

“Dengan usia kabupaten kita yang sudah mencapai 20 tahun, tentunya perlu kita diskusikan dan evaluasi sudah sejauhmana capaian kita dan apa-apa saja yang menjadi masalah atau hambatan dalam kemajuan pembangunan di Negeri yang kita cintai ini,” ucapnya.

Selain itu, kata Rafiq, berdasarkan Info dari BPS Rohul beberapa minggu yang lalu pada momen HUT Rohul yang ke 20 tahun itu, Rokan Hulu berada dalam rangking nomor 1 jumlah penduduk miskin terbanyak di Provinsi Riau.

“Tentunya kita sedih dengan info ini dan bagi kampus kita tentunya ingin mengeksplor masalah ini dengan berdiskusi, mengidentifikasi sumber masalahnya dan mencoba memetakan solusi-solusinya. Rokan Hulu ini kan punya kita bersama dan tugas kita bersama pula untuk membangunnya,” tambahnya.

Diakuinya, pada Diskusi publik ini Fakultas Ekonomi UPP akan menghadirkan Panelis dari berbagai kalangan, diantaranya yaitu, Bupati Rokan Hulu, H Sukiman, Ketua DPRD Rohul, Novliwanda Ade Putra ST, Kepala BPS Rohul, Hary Prasetyo SST MSi, Akademisi dan Tokoh Masyarakat Rohul, Prof Dr Irwan Efendi, Mantan Birokrasi dan juga Tokoh Masyarakat Rohul, H Masperi MSi.

Selain itu ada beberapa panelis lain juga yang diundang secara resmi oleh panitia, mewakili unsur media, ormas, pemuda dan profesi, lembaga adat melayu, serta lain lainnya. Sedangkan untuk moderator acara, Lufita Nur Alfiah MSi.

“Insyaallah, untuk pelaksanaan Diskusi Publik itu, akan dilaksanakan pada 30 Oktober 2019 di Aula Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Kabupaten Rokan Hulu, pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB,” jelas Rafiq.

Panitia dari Fakultas Ekonomi UPP, juga mengundang seluruh lapisan masyarakat Rokan Hulu  yang ingin bergabung sebagai peserta dalam acara ini, tetapi oleh karena tempat yang terbatas, Rafiq mengatakan bagi masyarakat yang berkeinginan dimohon agar dapat mengomfirmasi kehadirannya dengan menghubungi nomor 082389309953 atasnama Purwantoro MSi.

“Kita tentunya berharap acara ini berjalan dengan baik, penuh dengan suasana diskusi akademik, sehingga menghasilkan peta-peta solusi untuk kemajuan Rokan Hulu kedepan, dan secara khusus mengangkat Rohul untuk jauh dari angka kemiskinan,” tutupnya.