Malam Ini Kesenian Lukah Gilo Tampil di Luhak Kepenuhan

503
Malam Ini Kesenian Lukah Gilo Tampil di Luhak Kepenuhan
Malam Ini Kesenian Lukah Gilo Tampil di Luhak Kepenuhan

KEPENUHAN – Kesenian Tradisional Lukah Gilo Asal Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan tampil beberapa hari sebelum pelaksanaan Rapat Akbar dan Deklarasi Luhak Kepenuhan, Kota Tengah.

Penampilan Kesenian Lukah Gilo itu, salah satunya sebagai hiburan untuk mengumpulkan masyarakat dan mengingatkan masyarakat yang ada di Luhak Kepenuhan, yaitu masyarakat Kecematan Kepenuhan dan masyarakat Kecamatan Kepenuhan Hulu.

“Penampilan Kesenian Lukah Gilo ini, sebagai mengisi waktu dan untuk memeriahkan menjelang dilaksanakannya Rapat Akbar dan Deklarasi Luhak Kepenuhan untuk mengusung salah satu putra Luhak Kepenuhan yang akan maju pada Pilkada Rohul 2020 mendatang,” tutur Sekretaris Panitia Rapat Akbar dan Deklarasi Luhak Kepenuhan, Umar Usman kepada Riausmart.com, Rabu (21/10/2019) siang.

Umar mengatakan, penampilan Kesenian Lukah Gilo nanti merupakan salah satu wujud kerjasama masyarakat Luhak Kepenuhan dan membudayakan kesenian-kesenian yang ada di Luhak Kepenuhan yang berjulukan Negeri Beradat itu.

“Dengan ditampilkan Kesenian Lukah Gilo tersebut merupakan salah satu kekompakan hubungan masyarakat yang ada di Negeri Beradat ini,” jelas Umar.

Penampilan Kesenian Lukah Gilo ini, kata Umar, akan dilaksanakan pada Rabu (23/10/2019) pukul 20.00 WIB di Bundaran Tugu Gapura Negeri Beradat, Kota Tengah, Kecamatan Kepenuhan.

“Insyaalah pada malam ini pukul 20.00 WIB sesudah Shalat Isya akan ada penampilan Kesenian Lukah Gilo,” ucapnya.

Pada malam sebelumnya, juga dilakukan berbagai kesenian tradisional yang ada di Luhak Kepenuhan salah satunya Gondang Berudah. Dimana penampilan Gondang Berudah tersebut ditampilkan berbagai group Berudah yang ada di Luhak Kepenuhan.