Polres Rohul Gelar Apel Pasukan, 8 Item Jadi Prioritas Operasi Zebra Muara Takus 2019

457
Wakapolres Rohul Kompol Willy Kartamanah AKS SIp didampingi Kanit Laka Polres Rohul, Ipda Efendi Lupino tengah mengecek personil usai Apel Gelar Pasukan di Halaman Polres Rohul, Rabu (23/10/2019)
Wakapolres Rohul Kompol Willy Kartamanah AKS SIp didampingi Kanit Laka Polres Rohul, Ipda Efendi Lupino tengah mengecek personil usai Apel Gelar Pasukan di Halaman Polres Rohul, Rabu (23/10/2019)

PASIRPENGARAIAN – Untuk meningatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam mewujudkan ketertiban berlalu lintas Polisi Resort (Polres) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Rabu (23/10/2019) pagi menggelar apel pasukan di halaman Kantor Polres Rohul.

Apel tersebut dipimpin langsung Wakapolres Rohul Kompol Willy Kartamanah AKS SIp, dengan tema “Meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat guna mewujudkan kamseltibcarlantas”.

Kapolres Rohul, AKBP Dasmin Ginting melalui Kanit Regident, Rudy Sudaryono mengatakan, Operasi Zebra Muara Takus 2019 akan dilaksanakan 14 hari, mulai 23 Oktober sampai 5 November 2019, dengan melibatkan 50 Personil Kepolisian, TNI, Satpol PP, LSM, Mahasiswa, Dinas Kesehatan dan Senkom.

“Dalam operasi Zebra Muara Takus ini selain personil Polres Rohul, kita juga melibat berbagai instansi yang di Rohul ini yaitu, TNI, Satpol PP, LSM, Mahasiswa, Dinas Kesehatan dan Senkom,” jelasnya.

Lanjut Rudy, ada 8 poin yang menjadi Prioritas pada Operasi Zebra Muara Takus 2019 ini, diantaranya, Tidak menggunakan sabuk keselamatan, Berkendara dalam keadaan Mabuk, Melebihi batas kecepatan, Berkendara sambil menggunakan HP, Dibawah umur, Melawan arus, Tidak menggunakan Helm SNI, dan menggunakan Strobo atau Rotator.

“Operasi Zebra ini kita laksanakan dengan tujuan untuk memasyarakatkan disiplin lalu lintas di jalan raya, menurunkan angka lakalantas, meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pihak kepolisian melalui pelayanan yang baik dan santun, serta terwujudnya kamseltibcarlantas jelang perayaan natal,” paparnya.

14 hari ini hanya edukasi tertib berlalu lintas, kata Rudy, Polres Rohul berharap kedepannya masyarakat lebih mampu meningkatkan tertib berlalu lintas dan betul-betul diterapkan dengan kesasaran sendiri.

“Diawali 14 hari nanti, kedepannya masyarakat agar dapat meningkatkan tertib berlalu lintas dan betul-betul diterapkan dengan kesasaran sendiri. Tertib berlalu lintas bukan karena takut polisi melainkan demi keselamatan diri pribadi dalam berlalu lintas,” harap Rudy.

Di pandangan kepolisian lalu lintas, tingkat kesadaran masyarakat Rokan Hulu sudah sangat tinggi, namun masih ada satu atau dua orang yang suka melanggar aturan lalu lintas dan merusak citra masyarakat, sehingga melalui kegiatan operasi Zebra muara Takus 2019 ini yang melanggar aturan lalu lintas itu akan diedukasi.