Motivasi Siswa SMK Jadi Pengusaha Muda, Kadin Rohul “Jangan Mau Jadi PNS”

PASIRPENGARAIAN – Kamar Dagang dan industri (Kadin) Kabupaten Rokan Hulu mengadakan seminar wirausaha muda (young enterpreneurship) tahun 2019, ratusan siswa antusias menjadi pengusaha muda. Kamis (24/10/2019)

Dalam rangka meningkatkan motivasi dan semangat pelajar dalam berwirausaha, Kadin Rohul bina siswa SMK se-kabupaten Rokan Hulu untuk berwirasusaha.

Seminar ini dihadiri guru pembina dari 4 SMK,  Polres Rokan Hulu yang diwakili Kasat Binmas AKP Hermawan, Ketua Gapensi H.Hamulian

Seminar kewirausahaan muda ini diikuti oleh 100 siswa dari 4 sekolah menengah kejuruan di Rokan Hulu yakni SMK Negeri 1 Rambah, SMK Negeri 1 Rambah Hilir, SMK Negeri 1 Bangun Purba, dan  SMK Negeri 2 Rambah.

Menurut pengakuan Ketua Kadin Kabupaten Rokan Hulu, Evi Juliana S.E,M.M mengatakan bahwa kegiatan seminar dan pembinaan terhadap masyarakat adalah kegiatan tahunan.  Untuk tahun ini Kadin Rohul fokus membuat seminar untuk pelajar SMK se-kabupaten Rokan Hulu.

“Seperti yang kita ketahui bahwa Generasi muda ini perlu kita berikan jiwa kewirausahaan. Sehingga, di era digital ataupun era persaingan bebas ini nanti anak muda dapat bersaing ditengah masyarakat”Jelas Evi Yuliana

Evi juga menjelaskan bahwa di zaman yang semakin maju, para pemuda harus lebih jeli dalam berpikir. Pemuda harus dapat menciptakan peluang kerja, bukan mencari kerja.

“Bumi ini luas, jangan hanya mau menjadi PNS, tapi cobalah untuk menjadi seorang wirausaha atau pengusaha muda.” Ujar Evi Yuliana.

Menurut Ketua Kadin Rohul, Evi Yuliana mengatakan untuk menjadi pengusaha sukses dizaman era digital ini tidak mesti menunggu usia dewasa, namun dengan memanfaatkan HP android dan internet, para remaja juga berpeluang besar menjadi pengusaha muda.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Pendidikan SMP, Disdikpora Rohul, Khaidir SPd menyampaikan bahwa pegawai negeri bukan pilihan utama menuju kesuksesan. Selain cara masuknya semakin sulit dan peluangnya kecil, juga tidak bisa dijadikan patokan dalam kehidupan.

“Saya berharap peserta dapat terbuka pemikirannya dan tidak lagi memandang dunia ini secara sempit. Jangan jadikan tidak ada modal sebagai alasan klasik. Namun pikirkan juga bagaimana caranya untuk dapat membuka usaha dengan modal yang sedikit namun mendapatkan omset yang besar.” demikian Khaidir memotivasi peserta seminar.

Menurut khaidir, seminar ini sangat penting karena tantangan kita ke depan ini sangat ketat. Khaidir menghimbau agar mengikuti seminar wirausaha muda ini dengan semangat dan mengikuti kegiatan yang sebaik-baiknya.

Kadin Rohul menghadirkan tiga narasumber sebagai pembicara, yakni kepala bidang perdagangan Disperindag Rohul, Pengusaha sukses H.Hamulian, dan Pemilik usaha Cafe Day Cino.

Salah seorang narasumber , Hamulian mengatakan bahwa membuka usaha tidak harus menunggu tua,  yang terpenting ada kemauan,  ada keyakinan, maka kita bisa maju.

“Pengalaman saya waktu ketika buka usaha dulu tak ada duit, modal utama saya hanya kemauan” Jelas Hamulian

Menurut Hamulian Kunci sukses dalam usaha itu terdiri dari 3, yakni yakin, tekad yang kuat dan kejujuran. Apabila seseorang memiliki 3 karakter ini, maka ia akan sukses.