Dinas TPH Rohul Targetkan 2019 Tanaman Padi Gogo Seluas 7000 Hektar

519
Kepala Dinas TPH Rohul, Mubrizal SP MM kepada Riausmart.com, Selasa (29/10/2019)
Kepala Dinas TPH Rohul, Mubrizal SP MM kepada Riausmart.com, Selasa (29/10/2019)

PASIRPENGARAIAN – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tahun 2019 ini targetkan menanam padi gogo seluas 7.000 hektar (Ha) yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Rohul.

“Untuk penanaman Padi Gogo kita targetkan tahun 2019 ini minimal seluas 7000 hektar (Ha). Penanaman padi gogo oleh petani, dilakukan pada musim tanam September dan Oktober 2019,” tutur Kepala Dinas TPH Rohul, Mubrizal SP MM kepada Riausmart.com, Selasa (29/10/2019) siang.

Lanjut Mubrizal, penanaman padi gogo yang paling bagus dilakukan petani pada musim penghujan ini. Kebiasaan masyarakat Rokan Hulu untuk melakukan penanaman padi gogo dilahan yang kering bukan dilahan sawah. Jadi, para petani biasanya mulai menanam padi gogo itu menunggu musim penghujan.

“Sekarang sudah masuk musim hujan, para petani sudah mulai melakukan penanaman Padi gogo. Penanaman padi gogo tersebut dimulai pada September dan Oktober 2019 tetapi yang paling banyak melakukan penanaman padi gogo itu pada Oktober 2019,” jelasnya.

Mubrizal menambahkan, untuk wilayah Rokan Hulu, kecamatan yang paling luas melakukan penanaman padi gogo adalah Kecamatan Tambusai, Tambusai Utara, Rambah Hilir, Rokan IV Koto dan Kecamatan Kunto Darussalam. Tetapi hampir di 16 kecamatan yang ada di Rokan Hulu para petani menanam padi gogo.

“Setiap kecamatan yang tersebar diwilayah Kabupaten Rokan Hulu hampir rata-rata menanam padi gogo. Tetapi yang paling banyak menanam padi gogo di Kecamatan Tambusai, Tambusai Utara, Rambah Hilir, Rokan IV Koto dan Kecamatan Kunto Darussalam,” paparnya.