Dr Jupendri Kritik DPRD Diam soal Rohul Termiskin di Riau

426

PASIRPENGARAIAN-Akademisi yang juga Sekretaris Umum Himpunan Keluarga Rokanhulu (HKR) Dr Jupendri Jaafar menyampaikan kritikan pedasnya kepada anggota DPRD Rokan Hulu pada diskusi publik yang ditaja Universitas Pasir Pengaraian, Rabu (30/10/2019).

Jupendri dalam pernytaannya mengatakan, mencuatnya persoalan kemiskinan di Riau ini seharusnya disuarakan oleh anggota DPRD Rokan Hulu, karena setiap tahun pemerintah dalam hal ini Bupati Rokan Hulu menyampaikan laporan pertanggungjawaban anggaran akhir tahun ke DPRD.

“Persoalan kemsikinan di Riau justru munculnya dari publik. Justru publik yang lebih ramai merespon masalah kemiskinan di Rokan Hulu. Sementara, maaf, kawan-kawan anggota DPRD tidak memberikan respon,” ujar Jupendri.

Soal kemiskinan di Rokan Hulu, tambah Jupendri, bukanlah persoalan yang baru. Seperti disampaikan Kepala BPS Rokan Hulu Harri Susetyo, data itu sudah terlihat  sejak beberapa tahun terakhir.

“Sebagaimana disampaikan pihak BPS tadi, tingginya angka kemiskinan di Rokan Hulu bukanlah hal baru,’ tegas Jupendri.

Jupendri juga menyinggung cara penanganan pemerintah daerah dalam menangani persoalan kemiskinan di Rokan Hulu. Menurutnya, penanganan kemiskinan yang dilakukan saat ini belum mampu menyentuh hal-hal yang bersifat substantif sehingga dampaknya tidak mampu mengangkat kesejahteraan masyarakat.