Bupati Rohul Lantik Pengurus PMI Pendalian IV Koto

429
Bupati Rohul H Sukiman Lantik Pengurus PMI Kecamatan Pendalian IV Koto
Bupati Rohul H Sukiman Lantik Pengurus PMI Kecamatan Pendalian IV Koto

PASIRPENGARAIAN – Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Pendalian IV Koto secara resmi telah dilantik Bupati Rokan Hulu H Sukiman, Jumat (1/10/2019).

Usai pelantikan pengurus PMI tersebut, Bupati Rohul meminta kepada Pengurus PMI Kecamatan Pendalian IV Koto, untuk dapat bekerja dengan iklas dan sabar, dalam memberikan pelayanan terhadap sosial kemanusiaan dan donor darah untuk membantu masyarakat.

“Dengan harapan peran PMI di kecamatan, tidak hanya menangani masalah donor darah, namun perannya lebih luas dan meliputi permasalahan kemanusiaan dan sosial yang harus diperkuat ditengah masyarakat, dalam rangka membantu meringatan beban masyarakat,” papar Sukiman.

Orang nomor satu Rohul itu berharap pengurus PMI kecamatan Pendalian IV Koto yang baru dilantik, untuk dapat menjalankan tugas pokoknya di tengah masyarakat. Karena selama ini, masyarakat awam menilai PMI hanya berperan dan berkaitan dengan donor darah.

“Padahal donor darah hanyalah unit kecil dibalik tugas penting lainnya dari PMI, ada kegiatan sosial dan kemanusian lainnya. Perlu sosialisasi di tengah masyarakat dan menjalin kerjasama dengan berbagai instansi terkait dalam penguatan program dan peran PMI terutama dibidang sosial kemasyarakatan,” jelasnya.

Mantan Dandim Inhil itu mengatakan, pengurus PMI kecamatan untuk tetap memegang teguh 7 landasan dasar dalam menjalankan tugas pokok PMI, yakni Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah. Kemanusiaan, Kesukarelaan, Kenetralan, Kesamaan, Kemandirian, Kesatuan dan Kesemestaan.

“PMI merupakan organisasi sosial non politik yang mandiri dan profesional yang harus siap berperan membantu meringankan beban masyarakat, baik pra bencana, saat bencana maupun pada tahap pasca bencana.

Lanjut Sukiman, organisasi PMI terstruktur dari tingkat pusat sampai Kabupaten, kecamatan, memiliki peran penting terutama dalam upaya mengumpulkan, menyimpan dan menyalurkan darah bagi memenuhi kebutuhan darah secara operasional dari berbagai unit pelayanan kesehatan maupun di rumah sakit.

Pelantikan Pengurus PMI Kecamatan Pendalian IV Koto, dilaksanakan di Lapangan sepak bola Desa Pendalian itu, tampak hadir Ketua PMI Cabang Rohul, Hj Peni Herawati Sukiman, Kepala OPD, Camat Pendalian IV Koto, Afkar SSos, para kepala desa, Lurah  dan tokoh masyarakat Kecamatan Pendalian IV Koto.