Tingkat Pelanggaran Meningkat, Satlantas Rohul Himbau Pengguna Jalan Tertib BerlaluLintas

313

PASIRPENGARAIAN – Jumlah pelanggaran operasi zebra Muara Takus 2019 meningkat, Satlantas Rohul himbau masyarakat untuk lebih tertib dalam berkendara.

Saat didatangi di Mapolres Rohul yang terletak di Jalan Lingkar Kilometer 4 Desa Suka Maju Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Satlantas Rohul AKP Irnanda Oktora mengaku tingkat pelanggaran operasi zebra Muara Takus meningkat dari tahun sebelumnya.

Menurut pengakuan Irnanda, Operasi Zebra Muara Takus 2019 ini dilakukan dari 23/10/2019 sampai 05/11/2019 (14 hari).

“Secara rincian, Pelanggaran itu meningkat dari tahun sebelumnya, yang mana tahun lalu terdapat 1.199 pelanggaran, sedangkan tahun ini terdapat 1.735 pelanggaran” jelas Irnanda, Kamis (07/11/2019).

Irnanda yang diketahui baru pulang dari tanah suci itu juga menjelaskan terdapat 1664 kasus pelanggaran tilang dan 74 teguran yang dilakukan pada operasi zebra tahun ini.

“kalau tahun lalu, Pelanggaran tilang 765 kasus dan pelanggaran teguran 434 kasus. jadi kalau dipersentasekan, pelanggaran tilang mengalami peningkatan sebesar 118%, sedangkan pelanggaran teguran mengalami penurunan sebesar -83%” katanya.

Irnanda juga menjelaskan tingkat pelanggaran terbesar adalah tidak menggunakan helm SNI, Melawan arus dan penggunaan sepeda motor dibawah umur.

“Melihat besarnya angka pelanggaran ini, kita berharap kepada pengguna jalan untuk mematuhi peraturan berlalulintas. Sehingga secara tidak langsung dapat mengurangi tingkat kecelakaan yang terjadi” tutup Irnanda