Targetkan Mahasiswa Sebagai Pelatih Saham, FE UPP Gelar SPM

264

KUMU – Dalam rangka meningkatkan mutu dan kompetensi lulusan, Fakultas Ekonomi (FEKON) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Selenggarakan Sekolah Pasar Modal (SPM). Jumat (15/11/2019).

Dalam agenda ini, Fakultas Ekonomi UPP mengundang Pelatih PT Indo Premier Sekuritas, Emon Sulaiman dan Nugroho Gatot Prasetyo sebagai pemateri.

Menurut pengakuan Dekan Fakultas Ekonomi UPP, Arrafiqur Rahman, SE. MM mengatakan agenda ini merupakan bagian dari pelaksanaan MOU UPP dengan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun sebelumnya.

“ini adalah tahun kedua kami bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia, tentunya kerjasama ini sangat membantu mahasiswa kami di fakultas Ekonomi UPP” jelas Rafiq kepada Riausmart.com

Rafiq juga menjelaskan Fakultas Ekonomi tidak hanya menyelenggarakan perkuliahan dalam bentuk teoritis saja namun juga berbasis kepada praktek.

Galeri Investasi (GIBEI) ini adalah salah satu media praktek mahasiswa untuk langsung dapat bertransaksi saham di Bursa Efek Indonesia. Tentunya hal ini sangat mendukung kompetensi mahasiswa sebagai Ahli Keuangan dan Investor” Lanjutnya.

Rafiq juga  menyampaikan, sebagai dekan ia selalu mensupport kegiatan positif mahasiswa dan akan terus berupaya melengkapi fasilitas praktek belajar mahasiswa.

“Bagaimanapun kami ingin seluruh lulusan fakultas Ekonomi menjadi orang yang berkompeten dibidangnya, oleh karena itu, kami akan terus berupaya dalam melengkapi sarana belajar mahasiswa kita, Sehingga sarana dan prasarana kita bisa sama dengan kampus-kampus unggul lainnya” Tutup Rafiq.

Ditempat yang sama, Nofrianti, MSi sebagai pembina GIBEI Fakultas Ekonomi UPP menyebutkan SPM ini  merupakan pembelajaran penting yang harus dikuasai oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi UPP.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa tidak lagi sebagai pemain saham biasa, tetapi mahasiswa sudah harus mampu menjadi instruktur pelatih untuk para calon pemain saham pemula” Kata Nofrianti.

Nofrianti juga berharap dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa nantinya juga bisa menjadi instruktur atau pelatih dalam program GIBEI FE kedepan seperti GIBEI to School, dan lainnya.

Sedangkan Ketua panitia sekaligus Direktur GIBEI Fakultas Ekonomi UPP 2019, Darza Nuhhirto Mengatakan kegiatan ini adalah salah satu bentuk mewujudkan Visi UPP Menjadi Kampus Teknopreneur di tahun 2035 mendatang.

“Kegiatan ini sebagai komitmen kami ikut andil dalam mewujudkan visi UPP, dan dari sini kita juga dapat mempelajari bahwa transaksi saham di GIBEI FE UPP ini sangat mudah, cukup dengan modal Rp.100.000 dan dengan menggunakan handphone kawan kawan sudah dapat bertransaksi saham” jelas Darzah

Dalam penutupnya, Darza mengatakan kegiatan ini juga merupakan upaya merubah mindset mahasiswa agar tidak hanya menggunakan handphone sebagai media sosial saja, tetapi juga sebagai transaksi saham di BEI.