Jelang MTQ Riau, Puluhan Qori dan Qoriah Rohul Jalani TC

263
Kakan Kemenag Rohul H Syahruddin MSy
Kakan Kemenag Rohul H Syahruddin MSy

PASIRPENGARAIAN – Menjelang pelaksanaan Musyabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 38 tingkat Provinsi Riau yang dipusatkan di Kabupaten Kampar 23-30 November mendatang, 60 qori dan qoriah terbaik utusan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan menjalani Training Center (TC) yang akan dipusatkan di Hotel Gelora Bhakti Pasirpengaraian.

Dengan harapan, Qori dan Qoriah Rohul yang tahun ini mengikuti 12 Cabang MTQ ke 38 tingkat Provinsi Riau yang diperlombakan tahun ini di Kabupaten Kampar, dengan hasil tampil maksimal dan mempreroleh prestasi terbaik untuk Kabupaten Rohul.

Karena Kafilah Rokan Hulu yang akan dibina dan dilatih menjelang pelaksanaan MTQ ke 28, harus siap mental dan tampil dengan hasil yang maksimal, meraih Juara tingkat Provinsi Riau.

Kakan Kemenag Rohul Drs H Syahruddin MSy kepada wartawan, Sabtu (16/11/2019) menyebutkan, pelaksanaan TC sebagai persiapan Qori dan Qoriah asal Rohul dalam mengikuti MTQ ke 38 tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Kampar, akan berlangsung 19-22 November mendatang yang dipusatkan di Hotel Gelora Bhakti Pasirpengaraian.

Dalam pelaksanaan MTQ ke 38 tingkat Provinsi Riau, Panitia MTQ Kabupaten Rohul akan mendatangkan pelatih dari Kabupaten Rohul dan luar Rokan Hulu.

“Persiapan dalam pelaksanaan MTQ ke 38 tingkat Provinsi Riau, nantinya 60 qori dan qoriah sebagai utusan Rokan Hulu akan dikarantina selama 4 hari di Hotel Gelora Bhakti Pasirpengaraian untuk dilakukan pembinaan, latihan atau TC,” jelasnya.

Usai mengikuti TC, lanjutnya, para Kafilah Rokan Hulu akan dilepas keberangkatan ke Kabupaten Kampar, oleh Bupati Rohul H Sukiman bersama Forkopimda Rohul yang dipusatkan di halaman kantor bupati.

“Kita berharap MTQ ke 38 tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Kampar, Qori dan Qoriah asal Rokan Hulu nantinya dapat mengukir prestasi terbaik, dan dapat merebut kembalu gelar Juara Umum MTQ Riau yang pernah disandang Rokan Hulu tiga kali berturut-turut,” katanya.

Prestasi Juara Umum MTQ Provinsi Riau yang diraih Kafilah Rokan Hulu yakni pada pelaksanaan MTQ ke 32 tingkat Provinsi Riau di Pasirpengaraian tahun 2013. Kemudian pada MTQ ke 33 di Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) tahun 2014 dan MTQ ke 34 di Kabupaten Siak tahun 2015.

Sebab, sejak helat MTQ tingkat Provinsi Riau tersebut, Piala Bergilir MTQ Provinsi yang diperebutkan kabupaten/kota di Riau, baru Rokan Hulu yang mengukir sejarah, dengan mendapatkan piala bergilir MTQ Provinsi Riau pada MTQ ke 34 tingkat Provinsi di Kabupaten Siak beberapa tahun lalu.