Siswa SLTA se Rohul Antusias Ikuti Festival BMR di UPP

163

PASIRPENGARAIAN – Universitas Pasir Pengaraian (UPP), menggelar Festival Budaya Melayu kedua Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2019. Jumat (22/11/2019) di Aula Universitas Pasir Pengaraian.

Agenda tahunan ini diikuti oleh siswa SMA sederajat se Kabupaten Rokan Hulu.

Tahun ini festival budaya Melayu Rokan Hulu mengusung tema “Wujudkan Generasi Milenial Nan Berbudaya Melayu Rokan Hulu”

Agenda ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor I Universitas Pasir Pengaraian, Rivi Antoni MPd.

Dalam sambutannya, Rivi menyampaikan pentingnya menjaga kelestarian budaya Melayu khususnya di Kabupaten Rokan Hulu di era pesatnya perkembangan teknologi seperti saat ini.

“Jika pada zaman dulu kita sering menjumpai anak-anak memainkan seni budaya Melayu seperti Berbalas Pantun, Bukoba, Celempong, Gondang Berogong, tapi untuk saat ini hal tersebut semakin sulit kita jumpai, Hal itu dikarenakan anak-anak dan remaja sekarang lebih menyukai permainan yang ada di gadget. Untuk itulah, seni budaya Melayu yang diselenggarakan di UPP ini merupakan salah satu cara untuk menjaga budaya-budaya tersebut, Sehingga Generasi milenial mengenal dan mencintai Budayanya” jelas Rivi panjang lebar kepada Riausmart.com

Wakil Rektor yang sedang mengambil S3 itu juga menambahkan, jika hanya teori saja yang digunakan untuk mempelajari budaya, itu masih belum cukup. Maka festival budaya seperti inilah salah satu prakteknya.

Sedangkan kata sambutannya, Rivi menjelaskan seluruh peserta yang memperoleh sertifikat asli dalam acara tersebut akan mendapatkan fasilitas uang pendaftaran kuliah GRATIS dari UPP.

“Yah, semua yang memperoleh sertifikat asli akan kita gratiskan uang pendaftaran kuliah di UPP. Caranya cukup membawa sertifikat festival budaya yang diperoleh dan ditunjukkan ketika mendaftar” Katanya

Ditempat yang sama, Ryan Prayogi MPd selaku ketua pelaksana mengatakan Dalam festival ini terdapat 5 kategori perlombaan, yaitu Tari Kreasi Daerah Rokan Hulu, Berbalas Pantun, Bukoba, Gondang Berogong, dan video film pendek tentang budaya Melayu Rokan Hulu.

Pria berbadan tinggi itu juga mengucapkan terima kasih kepada juri, panitia pelaksana dan semua pihak yang membantu mensukseskan acara tersebut.

“Tentunya acara besar ini tidak akan berlangsung apabila tidak ada campur tangan dan kerjasama tim. oleh karena itu saya ucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang solid ini” jelas Ryan.

Ryan juga memberikan apresisasi kepada seluruh peserta festival yang mengikuti acara tersebut hingga akhir.

“Apresiasi peserta luar biasa, dan kita berharap tahun depan bisa membuat acara yang lebih besar dan dengan peserta yang lebih banyak lagi” katanya